Perbedaan Emas

Emas putih dan Emas Kuning, Lebih Bagus Mana?

Sudah bukan rahasia lagi jika emas merupakan salah satu produk investasi favorit dari berbagai kalangan dan generasi. Pasalnya, harga emas yang stabil dan cenderung naik sangat cocok untuk dijadikan investasi jangka panjang. Juga jenis emas yang banyak membuat orang lebih tertarik. Akan tetapi, jika ingin investasi jangka pendek sebaiknya memilih produk investasi lain. Perbedaan emas tersebut bisa menjadi pertimbangan.

Emas bisa dibeli dalam bentuk logam mulia atau perhiasan. Sebagai perhiasan, emas pun memliki penggemar tersendiri. Tidak sedikit pula yang menjadikan emas sebagai mahar dalam pernikahan dengan berbagai berat dan karat. Tidak hanya digemari perempuan, emas pun juga digemari kaum adam sebagai aksesoris seperti jam tangan sampai kalung.

Jika kamu mendatangi toko emas, pasti melihat warna emas kuning berkilauan yang seakan mengundang. Namun di sudut lain, kamu pun bisa melihat perhiasan emas berwarna putih yang tidak kalah mengkilat dan menarik. Kebanyakan orang tahunya emas itu warnanya kuning, padahal ada juga emas yang warnanya tidak kuning. Salah satunya adalah emas bewarna putih. Biasanya orang-orang menggunakan emas putih untuk perhiasan. Mulai dari anting-anting, kalung, cincin sampai dengan jam tangan.

Emas Putih

Perbedaan Emas

Emas putih terbuat dari campuran 75 persen emas dengan 25 persen perak dan platinum. Sementara emas kuning biasanya dibuat dari 75 persen emas dicampur dengan 25 persen tembaga dan seng. Saat kondisi baru, emas putih akan diberi lapisan logam berwarna putih lain seperti rodium. Ini untuk membuat warna emas putih semakin cantik dan berkilau. Bahan logam rodium mirip dengan platinum, termasuk warna putihnya.

Emas putih tanpa lapisan rodium akan terlihat kusam. Untuk itu, emas putih perlu dipoles lagi setiap 12-18 bulan. Hal ini karena warnanya akan pudar. Dahulu jenis emas ini dibuat dengan mencampurkan nikel ke dalamnya. Namun, karena menimbulkan reaksi alergi bagi beberapa orang maka ditinggalkan. Karena emas putih adalah logam hasil perpaduan emas kuning dan beberapa logam lain maka kandungan emas sendiri biasanya sekitar 18 karat, 16 karat, dan sebagainya.

Kelebihan Emas Putih

  • Terbuat dari campuran logam yang lebih kuat dibanding logam campuran emas kuning.
  • Lebih kuat dan tahan lama.
  • Walaupun lebih kuat dari emas kuning, emas putih tetaplah ringan dan mudah dibentuk.
  • Jika Anda menginginkan perhiasan berwarna putih keabu-abuan, maka emas putih adalah alternatif pilihan yang lebih murah dibanding platinum atau titanium.
  • Emas putih bisa membuat berlian terlihat lebih bersinar, sedangnya emas kuning akan membuat berlian terlihat kekuning-kuningan.
  • Jika Anda menginginkan perhiasan yang terlihat modern, maka emas putih adalah jawabannya.

Kekurangan Emas Putih

  • Beberapa emas putih mengandung nikel, sehingga menyebabkan reaksi alergi pada orang yang memiliki kulit sensitif. Sebelum membeli emas putih, sebaiknya tanyakan kandungan emas putih terlebih dahulu kepada penjual.
  • Kebanyakan emas putih menggunakan lapisan rhodium untuk membuatnya lebih bersinar. Akan tetapi lapisan rhodium dapat pudar sehingga Anda harus melapisinya lagi setidaknya setahun sekali.

Emas Kuning

Perbedaan Emas

Secara umum, emas kuning terdiri atas 2 bentuk, yaitu emas perhiasan dan emas batangan. Sebagai perhiasan, emas kuning lebih mudah tergores karena wujudnya lebih lunak. Oleh karena itu, dibutuhkan kehati-hatian saat memakainya.

Perhiasan yang terbuat dari emas kuning sangat cocok bagi yang ingin berpenampilan klasik dan mewah. Namun, dalam penggunaannya, emas kuning kurang sesuai untuk orang yang berkulit putih atau putih pucat. Meskipun demikian, emas kuning lebih disarankan untuk orang yang rentan alergi karena tidak mengandung nikel. Hal ini bisa meminimalkan kemungkinan reaksi alergi.

Jika Anda membeli emas kuning dan menyimpannya dalam waktu yang lama, jangan heran jika warnanya tampak seperti pudar. Supaya tetap terlihat bagus dan mengilap, emas kuning perlu dipoles. Harga emas kuning rata-rata lebih rendah daripada emas putih. Namun, untuk jangka panjang dan investasi emas, jenis emas ini memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada emas putih. Perbedaan emas kuning dan emas putih sangat terlihat, bukan?

Kelebihan Emas Kuning

  • Emas kuning terbuat dari campuran emas murni dengan tembaga dan zinc. Karena campuran tersebut tidak mengandung nikel, maka reaksi alergi saat menggunakan emas kuning sangatlah rendah.
  • Harga emas kuning lebih murah dibanding emas putih.
  • Emas kuning juga tidak perlu dilapisi ulang seperti emas putih.
  • Jika Anda menyukai perhiasan rustic dengan kesan klasik dan elegan, maka emas kuning adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Kekurangan Emas Kuning

  • Emas kuning terlihat bagus saat digunakan dengan orang yang memiliki tonei kulit hangat, tetapi jika digunakan oleh orang dengan tone kulit dingin (warna kulit lebih cerah dan pucat) akan terlihat pudar dan pucat.
  • Emas kuning harus dipoles secara berkala untuk mempertahankan kilaunya.
  • Emas kuning lebih lunak dibanding emas putih sehingga lebih mudah tergores.

Di antara jenis ulasan emas di atas, kira-kira yang mana yang akan kamu beli sebagai investasi emas? Perbedaan emas di atas tentu memudahkanmu dalam memilih. Pastikan jangan sampai salah beli, ya! Sesuaikan juga dengan budget-mu agar tidak menyulitkanmu dalam berinvestasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *