Tunangan hemat? 8 Cara Ini Bisa Membantu!

Tunangan biasanya dilaksanakan beberapa waktu sebelum acara pernikahan. Acara tunangan sama pentingnya dengan acara pernikahan. Meski penting, kamu harus mengatur siasat agar bisa menghemat pengeluaran. Karena masih ada pesta pernikahan yang mengharuskanmu mengeluarkan budget lebih besar. Maka dari itu, kamu harus membuat konsep tunangan hemat agar pengeluaranmu tidak membengkak.

Konsep tunangan hemat bisa kamu dapatkan dengan cara-cara seperti mengundang keluarga dan teman dekat saja, memakai pakaian yang sederhana, dan lain-lain. Tapi jika kamu memiliki banyak budget, tidak ada salahnya membuat acara tunanganmu menjadi lebih meriah. Tunangan juga termasuk hari yang spesial bagi kamu dan pasangan. Yuk, bahas konsep tunangan hemat menurut V&Co Jewellery!

1. Memakai pakaian yang sederhana

Meski acara tunangan tidak kalah penting dengan acara pernikahan, kamu bisa menggunakan pakaian sederhana kok! Tenang, hal itu tidak akan menimbulkan kesan-kesan yang kurang baik. Pilihlah pakaian sederhana dengan desain yang elegan. Biasanya perempuan akan mengenakan kebaya sebagai kostum di hari tunangan. Kamu bisa mengakalinya dengan membeli setelan kebaya dengan harga yang murah. Jika acara tunangan selesai, setelan kebaya tersebut bisa kamu pakai lagi untuk menghadiri pernikahan orang lain.

2. Dekorasi yang bisa dipakai lagi saat resepsi

Demi menghemat budget, buat dekorasi yang bisa dipakai lagi untuk acara resepsimu. Hal itu akan membuat dekorasi acara tunanganmu tidak sia-sia. Contohnya, kamu bisa memakai kembali desain photobooth saat acara tunangan untuk dipakai lagi acara pernikahanmu. Ide yang bagus, bukan? Kamu tidak perlu repot-repot membeli backdrop untuk photobooth lagi, karena sudah ada.

3. Mengundang keluarga dan teman dekat saja

Acara tunangan alangkah baiknya hanya mengundang orang terdekat saja, selain menghemat budget, hal seperti itu bisa membuat acara tunangan lebih intim. Kamu bisa mengundang teman-teman yang lainnya untuk datang di hari pernikahanmu nanti. Semakin sedikit orang yang datang, semakin khidmat juga acara yang kamu buat.

4. Panitia dekorasi & dokumentasi dari teman dekat

Dekorasi dan dokumentasi itu memang penting di acara ini. Namun, kamu tidak perlu berlebihan dengan memberi dekorasi heboh atau merogoh kocek dalam demi menyewa vendor fotografer handal. Serahkan panitia dekorasi dan dokumentasi kepada teman atau saudara. Selain hemat budget, mereka juga pastinya akan dengan senang hati membantu.

5. Memakai foto tunangan untuk foto prewedding

Kamu harus menganut prinsip, sekali dayung dua tiga pulau terlamapui. Jadi, usahakan segala hal yang dilakukan di hari pertunangan bisa juga dimanfaatkan untuk hari pernikahan. Misalnya saja foto-foto yang diambil di hari pertunanganmu bisa dimanfaatkan untuk dijadikan foto prewedding. Yakin deh, kamu sudah memangkas budget hingga jutaan dengan melakukan trik ini. Bisa dibayangkan jika kamu tetap membuat foto prewedding, berapa banyak budget yang akan terbuang sia-sia. Padahal kamu bisa menggunakan foto tunanganmu.

6. Barang seserahan yang berguna juga untuk resepsi

Barang seserahan merupakan barang yang wajib dibawa lelaki untuk perempuan. Benda-benda seserahan juga biasanya akan dibawa ketika hari tukar cincin atau tunangan. Nah, daripada berisi barang yang mewah dan gak terpakai, manfaatkan saja dengan mengisi barang seserahan dengan benda yang bisa dipakai lagi. Supaya tidak memberatkan, alangkah baiknya jika barang seserahan yang diberikan bisa dipakai lagi untuk hari resepsi. Contohnya saja, alih-alih sepatu hak biasa, kamu bisa menggantinya dengan sepatu hak warna putih yang bisa digunakan di hari H pernikahanmu nanti. Hemat kan? Kamu harus coba cara ini!

7. Tidak menghamburkan uang untuk dekorasi

Pilihlah konsep dekorasi dengan perlengkapan yang mudah dicari sehingga harganya pun tidak terlalu mahal. Maksimalkan benda apa aja yang ada di rumahmu, yang bisa dipakai sebagai dekorasi. Atau kamu memilih pax yang sekiranya lebih menguntungkanmu dalam hal ini. Maka budget untuk dekorasi tidak akan membengkak pengeluarannya.

8. Buatlah durasi acara lebih singkat

Durasi acara bisa mempengaruhi budget yang dikeluarkan. Jika kamu mengadakan acara tunangan di pagi hari, kamu hanya perlu menyiapkan snack untuk sarapan. Berbeda jika kamu mengadakannya di siang hari, kamu harus menyiapkan makan siang untuk para tamu undangan. Tentu harga snack untuk sarapan dan makan siang berbeda. Sesuaikan dengan budget-mu, ya!

Kedelapan konsep tunangan hemat di atas bisa kamu praktikkan saat kamu akan menyelenggarakan acara tunangan. Atau kamu memiliki pendapat lain? Komentar di bawah, yuk!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *