cincin tunangan couple black gold

Pesona Emas Hitam yang Mewah dan Menawan, Asli atau Bukan?

Tahukah kamu apa itu black gold atau emas hitam? Jenis perhiasan berwarna hitam yang satu ini sering kali tampil dalam bentuk cincin, terutama untuk cincin pria karena kesannya yang maskulin namun tetap elegan, mewah dan menawan. 

Membicarakan soal emas, memang tidak akan ada habisnya. Mulai dari harganya, desainnya, kualitasnya, investasinya, hingga ke warnanya. Salah satu yang menjadi daya tarik beberapa waktu terakhir adalah emas hitam yang mewah dan elegan. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap mengenai emas hitam seperti asal usulnya, harga, kelebihan, tips, hingga cara merawatnya agar tetap berkilau dalam jangka waktu yang lama. Simak ulasan selengkapnya di bawah, ya!

Asal Usul Emas Hitam

Cincin emas hitam
Foto: Clemencia Peris

Frase emas hitam sudah banyak digunakan sejak lama. Namun kata ini dimaksudkan untuk menggambarkan batu bara dan minyak bumi, karena meskipun tampilannya hitam, namun memiliki nilai jual setinggi emas dan logam mulia lainnya. Itulah mengapa batu bara disebut sebagai emas hitam.

Namun saat ini, ‘emas hitam’ tidak menjadi metafora untuk batu bara lagi karena sudah hadir dalam bentuk logam mulia yang sesungguhnya dan bisa menjadi bahan pembuatan perhiasan. Kamu bisa memiliki perhiasan dengan warna hitam berkilau dan indah.

Black gold sendiri bukan merupakan logam mulia alami seperti fine gold, melainkan salah satu inovasi dalam industri perhiasan. Proses pembuatannya dengan mencampur emas murni dengan alloy dan kobalt yang kemudian melapisinya lagi dengan rhodium.

Ada 4 cara pembuatan black gold menurut penuturan Calla Gold, pembuat perhiasan di Santa Barbara, yaitu:

1. Oksidasi

Lapisan asam khusus yang dioleskan pada permukaan logam emas akan menghasilkan warna yang gelap karena adanya oksidasi.

2. Blackening 

Proses ini dilakukan dengan cara menyapukan cat ke permukaan emas hingga meresap ke dalam pori-porinya yang membuat warnanya menjadi hitam.

3. Enamel hitam

Enamel berwarna hitam akan diaplikasikan di atas permukaan emas yang menghasilkan warna hitam yang halus dan berkilau.

4. Pelapisan dengan rhodium hitam

Rhodium adalah lapisan logam berwarna putih yang biasa digunakan untuk melapisi perhiasan agar memiliki warna yang berkilau dalam jangka waktu lama. Rhodium sendiri biasanya berwarna putih keperakan. Namun untuk membuat warna emas menjadi hitam, rhodium akan dicampur dengan bahan aditif yang menghasilkan warna abu-abu hingga hitam legam.

Proses pelapisan ini cukup sederhana. Pembuat perhiasan hanya cukup mencelupkan emas ke larutan elektrolisis kemudian molekul rhodium akan menempel pada permukaan emas.

Harga Emas Hitam

black gold ring
Foto: Clemencia Peris

Setelah mengetahui cara pembuatannya, mungkin tidak sedikit dari kamu yang bertanya-tanya apakah emas hitam ini asli atau buatan? Hal selanjutnya yang juga menjadi pertanyaan yakni mengenai harganya. Warna hitam pada black gold tidak terbentuk secara alami  namun melalui proses pelapisan warna. Sehingga warna emas yang tadinya kuning menjadi hitam setelah mendapat lapisan rhodium. 

Untuk harganya, mengikuti harga emas dunia karena pada dasarnya juga terbuat dari emas asli. Selain itu, black gold juga memiliki variasi harga yang mengikuti beberapa faktor, seperti kadar emas atau karat, berat emas, model perhiasan, batu permata yang digunakan, hingga tingkat kesulitan pembuatannya.

Di Indonesia sendiri, harga black gold relatif lebih mahal daripada harga emas lainnya. Hal ini karena belum ada industri yang bisa membuat black gold di Indonesia. Jadi mengahruskan produsen untuk mengimpor terlebih dahulu dari luar negeri. Hal inilah yang membuat harganya lebih tinggi. Namun karena hal ini juga yang membuat jenis emas ini cocok untuk kamu jadikan sebagai investasi mengingat permintaannya yang semakin naik setiap tahunnya.

Kelebihan Emas Hitam

harga cincin emas hitam
Foto: trulyexperiences

Black gold banyak peminatnya, bukan hanya karena tampilannya yang beda dan mewah, namun emas hitam ini juga cocok untuk kamu yang kurang menyukai perhiasan mencolok. Warna hitam legam dan berkilau mampu menyempurnakan penampilan kamu meskipun tanpa dihiasi batu mulia.

Selain itu, resiko kejahatan saat kamu menggunakan perhiasan dari emas hitam juga lebih rendah daripada ketika kamu menggunakan perhiasan dari emas kuning, putih, atau rose gold. Hal ini karena pemakaiannya belum marak dan jarang, sehingga orang yang berniat jahat pun tidak akan tertarik untuk mencuri atau mengambil perhiasan dari black gold ini.

Tips Memilih Emas Hitam

Sama halnya dengan perhiasan emas lainnya, dalam memilih black gold pun perlu mempertimbangkan kadar emas di dalamnya yang menentukan nilai dan harganya. Harga emas hitam akan semakin tinggi apabila kandungan gold didalamnya juga lebih banyak. 

Namun perlu kamu pertimbangkan pula bahwa membeli black gold dengan kandungan emas yang tinggi belum tentu menjadi pilihan yang tepat. Hal ini karena emas memiliki sifat yang lunak dan mudah berubah bentuk seiring berjalannya waktu, sehingga tidak cocok untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

Selanjutnya adalah pemilihan desain perhiasan yang kamu suka. Pilih desain klasik dan minimalis jika kamu tidak menyukai perhiasan yang ribet dan banyak ornamen. Kamu juga bisa memilih desain modern untuk tampilan edgy dan menarik.

Sebelum membeli perhiasan dari black gold, pastikan kamu sudah mengetahui ukuran jari, pergelangan tangan, lingkar leher, dan ukuran tubuh lainnya yang dibutuhkan. Jangan sampai kamu sudah memesan cincin emas hitam dari luar negeri dengan biaya yang lumayan karena harus membayar ongkos kirim dan biaya produksi, kemudian kecewa karena ukurannya lebih besar atau lebih kecil saat sampai ke tanganmu.

Cara Merawat Emas Hitam

cara merawat perhiasan emas
Foto: Clemencia Peris

Seperti logam mulia lainnya, perhiasan unik nan elegan yang satu ini juga membutuhkan perawatan khusus. Hal ini karena adanya lapisan rhodium hitam yang melapisi emas. Lapisan ini memiliki sifat yang sama seperti rose gold, yaitu warnanya yang bisa memudar jika tidak dirawat secara teratur.

Agar warnanya tetap hitam mengkilap dan bertahan lama, kamu bisa melakukan perawatan seperti:

1. Hindari kontak dengan zat kimia tertentu

Logam mulia cukup sensitif dengan beberapa zat kimia yang bisa membuat perhiasan kehilangan kilau dan warnanya. Contohnya kontak langsung dengan parfum, hairspray, lotion, makanan asam, dan air garam. Hindari cincin atau perhiasanmu dari produk-produk di atas dengan melepaskannya sebelum beraktivitas dan simpan di tempat yang aman.

2. Bersihkan dari debu, minyak, dan kotoran

Tampilan perhiasan emas hitam juga bisa menjadi kusam jika tidak dibersihkan secara rutin. Hal ini karena adanya debu, minyak, dan kotoran yang menempel di permukaannya. Kamu bisa membersihkannya dengan membasahi kapas, lalu usapkan secara merata ke perhiasan hingga bersih.

3. Jauhkan dari air

Aktivitas yang berhubungan dengan air juga bisa menyebabkan warna hitam pada perhiasanmu memudar. Untuk itu kami sarankan agar kamu melepaskan perhiasan saat akan mandi, berenang, mencuci, dan melakukan kegiatan air lainnya.

4. Cuci dengan sabun

Jika membersihkan perhiasan emas dengan kapas dan air saja tidak cukup, kamu bisa mencucinya dengan air sabun secara lembut. Cukup rendam perhiasan dalam larutan sabun cuci piring dengan air hangat selama 10 menit. Kemudian keringkan dan simpan.

5. Bawa ke ahli

Kami ingatkan kembali bahwa black gold adalah emas biasa yang berlapis rhodium hitam. Lapisan ini bisa memudar seiring berjalannya waktu dan membuat warna emas menjadi kekuningan. Jika kamu ingin mempertahankan warnanya agar tetap menjadi hitam, maka bisa membawanya ke ahli yang biasa merawat dan membuat perhiasan untuk pelapisan ulang. Proses ini tidak memakan biaya banyak karena kamu hanya perlu mencelupkan perhiasan ke dalam larutan rhodium hitam.

Sekian pembahasan lengkap mengenai asal usul, harga, kelebihan, tips, hingga cara merawat emas hitam. Apakah kamu semakin tertarik untuk membeli black gold atau tetap setia dengan emas kuning, nih? Daripada bingung, mending kepoin desain perhiasan cantik yang bisa kamu pilih sesuai selera di V&Co Jewellery sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *