Intip, Yuk! 11 Tips untuk Mewujudkan Rumah Tangga yang Harmonis

Intip, Yuk! 11 Tips untuk Mewujudkan Rumah Tangga yang Harmonis

Rumah tangga harmonis setelah menikah juga impian setiap pasang pengantin. Tidak saja sesaat setelah menikah namun langgeng hingga umur memisahkan. Rumah damai, menyenangkan, hingga membuat siapa pun yang berada di dalamnya merasa nyaman adalah keluarga yang harmonis. Dan untuk menciptakan kondisi seperti ini, tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Kamu dan pasanganmu harus berjuan hingga keadaan tersebut tercipta, sehingga bisa memberikan pengaruh tidak saja di rumah, tapi juga pada aspek kehidupanmu yang lain, seperti karir, bisnis, atau yang lainnya. Lantas, apa saja sih yang harus dilakukan agar semua itu tercapai, intip, yuk, tips-nya.

Tips Wujudkan Rumah Tangga Harmonis
silhouette photo of woman and man close to each other

  1. Jujur dan Terbuka

    Hal pertama yang wajib dilakukan agar rumah tangga harmonis adalah, kalian berdua selalu bersikap jujur dan terbuka. Jika kamu dan pasangan saling menyembunyikan cerita, jelas kondisi harmonis akan terhambat. Meskipun awalnya mungkin ini hal yang sulit, namun terbiasa bersikap jujur dan mau terbuka akan membuka peluang terciptanya keharmonisan dengan lebih mudah.

  2. Menciptakan Suasana yang Menyenangkan

    Ini Tip yang kedua. Kamu dan pasangan sebaiknya saling berusaha untuk menciptakan suasana yang menyenangkan di dalam rumah, bisa di mulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu, seperti membuat pasangan tertawa dengan tingkah lucumu, membuat makanan istimewa yang belum pernah dibuat sebelumnya. Atau sekadar memijat bahu pasangan yang telah lelah bekerja.

    Sering berjalannya waktu kebiasaan kecil seperti ini kadang dilupakan dan ini akan menjadi tantangan tersendiri buatmu. Terlebih bila sudah hadir anggota keluarga baru, jangan sampai kebiasaan lama yang membuat pasanganmu bahagia, jadi terlupakan. Jika perlu, minta pasangan untuk menyampaikan apa yang ingin kamu lakukan untuknya, begitupun sebaliknya.

  3. Hindari Sikap Egois dan Emosi Berlebihan

    Egois memang sifat manusia yang bisa muncul kapan saja, terlebih bila dilengkapi dengan cara yang salah dan emosi yang meledak-ledak. Bila keduanya dibiarkan berlarut-larut, sepertinya impian akan rumah tangga harmonis tidak bisa kamu dapatkan.

    Ini juga awal yang tidak mudah, terutama ketika harus mengalah padahal tidak bersalah. Namun percayalah, jika kamu sanggup melakukannya, kamu akan merubah dunia menjadi lebih baik. Lakukan secara konsisten, lama-lama pasanganmu pun pasti akan terpengaruh.

  4. Utamakan Kebersamaan

    Ketika kamu sudah memutuskan untuk menikah, selain wajib menurunkan kadar keegoisanmu, kamu juga harus mulai mengutamakan kebersamaan dengan pasanganmu. Prioritaskan keluarga, terlebih bila kamu pun sudah memiliki anak.

    Pekerjaan, teman, pasti pilihan yang cukup berat bagimu, tapi setelah kamu memutuskan untuk berkeluarga, maka keluarga harus menjadi prioritas. Gunakan akhir pekan khusus untuk keluarga, atau buat momen khusus yang hanya bisa digunakan untuk keluarga saja.

    Berikan perhatian penuh, jika perlu jangan libatkan gadget yang bisa mengalihkan perhatian. Menghabiskan waktu bersama keluarga sangat penting, setelah itu baru kamu bisa kembali pada tugas penting lainnya.

  5. Simpan Masalah Keluarga

    Rumah tangga harmonis akan tercipta jika kamu tidak pernah menceritakan masalah yang dihadapi pada orang lain. Masalah rumah tangga sebaiknya diselesaikan secara personal di dalam rumah. Jika masalah sudah terlalu sulit untuk diselesaikan berdua, maka cari bantuan orang yang memahami kalian berdua, jika perlu libatkan orang yang memahami secara profesional.

    Menceritakan masalah rumah tangga ke luar hanya akan memperburuk kondisi di dalam rumah. Alih-alih ingin curhat pada teman, Anda bisa saja mendapatkan dukungan terburuk yang tidak bisa Anda pikirkan lagi secara jernih. Begitu juga jika kamu punya masalah dengan pekerjaan, jangan bawa masalah tersebut ke dalam rumah. Jangan membuat masalah di dalam rumah semakin runyam dengan masalah pekerjaan yang tidak dipahami oleh pasanganmu.

  6. Memilih Tempat Tinggal yang Baik

    Lokasi yang baik yang kamu pilih untuk tinggal sebaiknya kamu perhatikan betul. Karena lokasi memang akan memberikan pengaruh yang juga cukup besar pada kondisi rumah tangga. Rumah tangga harmonis akan tercipta bila lingkungan sekitar mendukung, keluarga menjadi baik, pasangan menjadi baik, dan itu akan terpengaruh dengan sendirinya.

    Jangan batasi diri dengan lingkungan, kemudian bersosialiasilah dengan sekitar. Tetangga yang baik juga akan memberikan pengaruh baik pada kehidupan berumah tangga.

  7. Gaya Hidup Sehat

    Tips yang ketujuh agar rumah tangga tetap harmonis adalah dengan memerhatikan asupan gizi dan pola hidup. Bila keduanya selalu dalam keadaan baik dan sehat, keluarga harmonis akan tercipta dengan baik.

    Gaya hidup sehat bisa diwujudkan dengan olah raga bersama, makan makanan yang sehat, hingga kebiasaan lainnya, seperti berkebun. Ini akan memberikan aura positif pada siapa pun yang rutin melakukannya. Kamu dan pasanganmu, pun pastikan melakukan ini terus, ya!

  8. Saling Membantu

    Jangan pernah berpikir bahwa istri hanya boleh melakukan tugas sebagai seorang istri, begitu juga sebaliknya dengan suami. Tidak pernah ada yang salah bila suami membantu istri mencuci pakaian, mengurus anak-anak atau sekadar membuat sarapan.

    Begitu juga dengan istri, menggantikan tugasnya menyetir, mengantar anak ke sekolah, juga hal yang wajar. Dengan saling berbagi tugas, akan membuat rumah tangga harmonis. Jangan lupa untuk sekadar mengucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan.

  9. Minta Maaf

    Minta maaf bagi orang dewasa sepertinya memang hal yang sulit dilakukan. Padahal dengan meminta maaf, bisa mencairkan suasana sehingga bisa lebih mudah untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

    Menyadari kesalahan mungkin juga bukan hal yang mudah. Jika ini masalah besar untukmu, kamu bisa memulai dengan menenangkan diri kemudian berpikir. Kamu bisa meminta waktu kepada pasangan untuk melakukannya. Jika sudah tenang, kemudian bicara ada pasangan dengan baik-baik.

  10. Bijak

    Bersikap bijak agar rumah tangga harmonis juga butuh keberanian. Karena bisa jadi pasanganmu menolak akan keputusan yang dibuat. Namun sebetulnya masalah bijak ini adalah hak kepala keluarga. Ia yang akan memutuskan kemana keluarganya melangkah, termasuk masalah agama, pendidikan, atau yang lainnya. Sementara sebagai istri, sebaiknya mencoba memahami kebijakan yang disampaikan oleh kepala keluarga, sebagai bentuk rasa hormat.

  11. Bersikap Tenang

    Tip terakhir agar kamu bisa mendapatkan keluarga yang harmonis, pasangan yang baik dan bisa terus saling mencintai adalah, selalu bersikap tenang. Setiap keluarga pasti akan dihadapkan pada masalah.

Besar kecilnya masalah pernikahan akan bergantung pada cara kamu berpikir dan bertindak. Percayalah bahwa tidak ada hal yang buruk yang akan menimpamu, selama kamu bisa berpikir positif dan selalu tenang dalam menyikapi setiap masalah.

Uraikan benang kusut yang terjadi pada suami istri, jangan membuatnya menjadi semakin runyam, dengan tindakanmu yang gegabah. Minta pasangan untuk mendiskusikan setiap masalah dengan baik-baik. Jika keduanya masih dalam kondisi yang tidak tenang, hati yang kacau, tidak akan pernah bisa menemukan jalan keluar dari masalah yang sebetulnya mungkin sangat sepele.

Nah, itu dia 11 tips yang bisa kamu coba agar bisa mewujudkan rumah tangga harmonis. Siapa pun berhak mendapatkan keluarga terbaiknya, yang terpenting sebaiknya kamu tidak pernah lupa, bahwa kamu menikahi pasanganmu karena kamu mencintainya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.