Kalung emas Bagus kadar berapa?

Tips Investasi Kalung Emas yang Tepat, Agar Bisa Untung Berkali Lipat

Kalung emas merupakan perhiasan yang dirancang untuk dipakai di sekitar leher, umumnya terbuat dari bahan emas atau campuran dengan logam lainnya. Emas menjadi pilihan sebagai bahan utama karena keindahannya, kelenturannya, dan ketahanannya terhadap karat.

Kalung emas memiliki berbagai desain, panjang, dan ketebalan, sesuai dengan preferensi pemakainya. Beberapa diantaranya mungkin hanya terdiri dari rantai sederhana, sementara yang lain bisa dihiasi dengan liontin, batu permata, atau hiasan-hiasan lainnya untuk menambahkan keindahan dan kilauan.

Ketika membeli kalung emas, penting untuk memperhatikan kemurnian emas (biasanya diukur dalam karat), desain, serta kualitas pembuatan. Kalung emas yang baik biasanya memiliki tanda keaslian dan sertifikat yang menyatakan karat emas dan informasi lainnya. Hal ini membantu untuk dijadikan tempat investasi jangka panjang dari perhiasan.

Investasi dalam kalung emas dapat menjadi pilihan yang baik jika melakukannya dengan bijaksana. Dihimpun dari laman resmi cimbniaga.co.id dan pintu.co.id, berikut adalah beberapa tips untuk melakukan investasi berupa kalung emas dengan tepat:

Pahami Pasar Emas

Fine gold logam emas batangan
Foto via nerdwallet.com

Pelajari dinamika pasar emas dan perkembangan harga emas dalam jangka waktu yang panjang. Memahami tren pasar dapat membantu kamu membuat keputusan investasi yang lebih bijaksana.

Jangan salah dalam mengambil keputusan tanpa mengetahui sumber masalahnya, karena pasar emas sangat dinamis dan cukup fluktuatif sehingga pentingnya memahami pasarnya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk investasi pada perhiasan.

Jika kamu sudah paham dan mengerti tentang investasi perhiasan, maka kamu bisa dengan mudah mengelola perhiasan sebagai bahan investasi jangka panjang dalam hidupmu.

Tentukan Tujuan Investasi

Tentukan apakah kamu ingin menginvestasikan dalam kalung emas sebagai bentuk tabungan, investasi jangka panjang, atau sebagai perhiasan yang akan dinikmati dan digunakan sehari-hari. Tujuan investasi kamu akan mempengaruhi jenis kalung emas yang ingin kamu beli.

Memiliki tujuan investasi adalah salah satu cara terpenting yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan investasi, karena dengan begitu arah investasi kamu akan semakin jelas dan terukur.

Jangan memiliki tujuan investasi karena fomo (fear of missing out) atau mengikuti tren, namun biasakan dan tentukan dengan jelas seperti investasi karena tabungan masa tua, pendidikan, biaya nikah, dan lain sebagainya.

Pilih Emas Berkualitas Tinggi

harga kalung emas model terbaru
V&Co Jewellery Store

Pilih kalung emas yang terbuat dari emas berkualitas tinggi, seperti emas 18 karat atau 22 karat. Emas berkualitas tinggi memiliki nilai investasi yang lebih baik dan kurang rentan terhadap karat. Karena emas memiliki harga yang sangat dinamis dan fluktuatif, maka pemilihan emas untuk dijadikan bahan investasi perlu diperhatikan secara serius dan matang guna menghindari kerugian yang tidak terduga.

Biasanya emas yang bisa kamu jadikan bahan investasi adalah emas yang memiliki nilai karat tinggi, sehingga selain memiliki nilai jual yang stabil juga punya value yang bisa dibandingkan dengan jangka waktu investasinya.

Periksa Sertifikat dan Keaslian

liontin emas alfabet
Kalung LIontin huruf alfabet – V&Co Jewellery

Pastikan kalung emas kamu disertifikasi dan memiliki tanda keaslian yang sah. Memiliki sertifikat emas yang sah adalah bukti keaslian dan kualitas emas. Hal ini untuk menghindari segala bentuk penipuan yang menyebabkan kerugian materiil.

Sertifikat atau surat pendamping perhiasan sangat penting, karena dapat mempengaruhi harga kalung emas yang kamu investasikan. Jika perhiasan kamu tidak memiliki sertifikat kelayakan maka besar kemungkinan akan berdampak pada turunnya harga emas yang kamu miliki.

Hal ini biasanya disebabkan pembeli akan merasa ragu jika perhiasan kamu dijual kepada toko-toko perhiasan tertentu. Sayang jika perhiasan yang sudah dijadikan bahan investasi terjual murah karena tidak adanya sertifikat kelayakan.

Diversifikasi Investasi

Jika kamu mempertimbangkan investasi emas sebagai bagian dari portofolio investasi kamu, pastikan untuk diversifikasi. Jangan menginvestasikan seluruh uang kamu dalam emas atau perhiasan. Sebaiknya, alokasikan sebagian kecil dari portofolio investasi kamu untuk emas.

Pertimbangkan Desain dan Kualitas

Kalung Emas Rose Gold DP326
Kalung Emas Rose Gold DP326 – V&Co Jewellery

Pertimbangkan desain dan kualitas kalung emas. Desain yang sederhana dan klasik sering kali memiliki nilai yang lebih stabil seiring waktu. Perhatikan juga kualitas pembuatan kalung, termasuk kekuatan dan daya tahan. Sebagai seorang yang ingin investasi pada perhiasan, yang bisa kamu lakukan adalah pilih perhiasan seperti kalung emas atau jenis perhiasan lain dengan desain yang menarik dan simpel/sederhana.

Desain pada suatu perhiasan mempengaruhi nilai jual selain dari besar karat yang terdapat dalam perhiasan tersebut. Jadi pentingnya memperhatikan hal ini, karena semakin baik desainnya maka besar kemungkinan nilai jual perhiasanmu jauh lebih baik.

Perhatikan Keamanan

Pastikan kamu menyimpan kalung emas kamu dengan aman. Pertimbangkan untuk menyimpannya di brankas atau tempat penyimpanan aman lainnya yang dapat melindunginya dari pencurian atau kerusakan. Kamu bisa menyimpan perhiasan di rumah dengan keamanan yang tinggi atau bisa juga dilakukan penyimpanan di berbagai tempat khusus.

Namun hari ini nabung perhiasan sudah bisa dilakukan dimana saja, sehingga kita tidak perlu repot untuk menyimpan perhiasan fisik di rumah. Kamu bisa mencoba dengan nabung emas yang ditawarkan oleh beberapa platform seperti Bank atau platform investasi lainnya yang menjamin keamanan nabung.

Perhatikan Biaya Tambahan

liontin emas
Liontin Emas Starla – V&Co Jewellery

Ketika membeli kalung emas, pertimbangkan biaya tambahan seperti pajak, biaya pembuatan, dan biaya pengiriman jika membeli secara online. Biaya tambahan ini dapat mempengaruhi total investasi kamu. Tips yang perlu dilakukan oleh kamu saat investasi emas adalah pentingnya membeli perhiasan yang tidak memiliki biaya tambahan, seperti membeli perhiasan di V&Co Jewellery.

Saat kamu membeli perhiasan dengan mudah dan tidak adanya biaya tambahan, maka keuntungan investasi yang kamu punya cenderung stabil bahkan mendapatkan keuntungan yang besar.

Periode Penyimpanan

Pertimbangkan berapa lama kamu berencana untuk menyimpan kalung emas sebelum memutuskan untuk menjualnya. Investasi emas biasanya memerlukan waktu yang lebih lama untuk menghasilkan keuntungan, jadi bersabarlah dalam menilai kinerja investasi kamu.

Selain tips yang telah dijelaskan di atas, jangka waktu investasi pun perlu diperhatikan sedemikian rupa. Kamu harus punya target berapa lama investasi perhiasan, berapa nominal keuntungan yang ingin didapatkan.

Jika kamu memahami tentang jangka waktu investasi ini maka tidak menutup kemungkinan investasi kamu akan berhasil dan membuahkan hasil yang sesuai.

Pantau Pasar

Mengetahui Ciri Liontin Berlian Asli dan Palsu
Model kalung emas liontin – V&Co Jewellery

Terus pantau pasar emas dan perkembangan harga emas secara teratur. Jika ada peluang baik untuk menjual kalung emas dengan keuntungan, pertimbangkan untuk menjualnya. Sebelum melakukan investasi, bijaklah dalam melakukan penelitian, pertimbangan, dan konsultasi dengan ahli keuangan atau ahli perhiasan yang berpengalaman. Dengan melakukan persiapan dan perencanaan yang baik, kamu dapat melakukan investasi kalung emas yang cerdas dan menguntungkan.

Kamu bisa memulai investasi kalung emas atau perhiasan yang lain dengan cara membelinya di V&Co Jewellery, selain banyak pilihan juga memiliki kualitas yang tinggi. Kamu tidak akan kecewa berinvestasi perhiasan dari V&Co Jewellery, karena memiliki harga yang bersaing dan bergaransi. Terdapat berbagai jenis perhiasan yang menarik untuk dikoleksi sebagai bahan investasi untuk hari tuamu. Selamat Mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *