Tips Menjadi Menantu Idaman Mertua

Tips Menjadi Menantu Idaman Mertua

Semua menantu pastinya ingin disayang oleh mertua seperti anaknya sendiri. Namun sayangnya, ada saja hal yang membuat hubungan menantu dengan mertua tidak harmonis. Tentunya banyak persiapan yang harus dilakukan untuk menghadapi kondisi seperti itu, mulai dari persiapan materi dan yang lebih penting adalah persiapan mental. Menjadi menantu idaman adalah satu hal yang tidak kalah penting karena tidak hanya menyatukan dua insan tetapi juga menyatukan dua keluarga.

Kamu harus bisa menempatkan diri kamu dengan baik sehingga bisa diterima oleh mertua kamu nantinya. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa dicoba bagi kamu yang sedang melakukan pendekatan atau pedekate dengan calon mertua sehingga bisa menjadi menantu idaman kelak.

1. Komunikasi yang baik

Jangan jadikan mertua sebagai orang asing, jadikan beliau tempat curhat terdekat kamu setelah orang tua kandung. Bila ada masalah yang sulit kamu harus hadapi, komunikasikan dengan mertuamu. Pastinya beliau mau membantu kamu. Selain itu juga, sesi curhat juga membuat hubungan kalian lebih dekat. Tujuan untuk menjadi menantu yang disayang mertua pun lebih mudah digapai.

2. Berikan Perhatian

Jika kamu tinggal serumah dengan mertua, berikan beliau perhatian lebih. Contohnya seperti membuat masakan kesukaannya, jalan-jalan, menemaninya mengobrol, atau jika beliau ingin dilayani, minta tolong lah kepada suami untuk membantu kamu mengurus rumah dan menyiapkan makanan untuknya.

Dan apabila tidak tinggal serumah, lakukan hal tersebut saat beliau berkunjung ke rumah kamu. Pastinya perhatian lebih seperti ini akan menjadi menantu idaman yang disayang mertua.

Menjadi menantu kesayangan tentunya membutuhkan usaha yang tidak mudah. Perlu pengorbanan dan kesungguhan sehingga kamu benar-benar bisa diterima dengan tangan terbuka oleh keluarga pasangan kamu. Tunjukkan bahwa kamu adalah orang yang tepat menjadi pendamping pasangan kamu. Tunjukkan bahwa kamu menikah tidak hanya dengan pasangan kamu namun juga dengan keluarganya.

Kamu datang dengan penuh perhatian dan kasih sayang kepada semua anggota keluarga. Hal itu akan membuat kamu mendapatkan hati pasangan hingga keluargnya.

3. Menghormati mertua

Pelakukan mertua kamu dengan hormat, sebagai orang yang lebih tua dan memiliki pengalaman hidup yang lebih bijak dari kamu. Mungkin beliau telah merasakan berbagai kesulitan dalam hidup yang membuatnya lebih kuat sehingga kamu bisa belajar banyak darinya.

Tanyakan kepada ibu mertua bagaimana masa kecilnya, pengalaman menjalani pernikahan, mengasuh anak, dan pengalaman hidup lainnya. Niscaya kamu akan jadi menantu yang disayang mertua karena saat bertukar curahan hati, ada jalinan kuat yang terbentuk di antara kalian.

4. Menjadi lebih peka

Ibu mertua mengandung, melahirkan, dan membesarkan suami kamu hingga dewasa. Wajar saja jika beliau merasa cemburu ketika ada perempuan lain masuk ke dalam hidup anaknya, apalagi menjadi fokus utama sang anak dalam melimpahkan kasih sayang dan cintanya.

Meski tidak semua mertua menganggap menantu adalah saingannya dalam cinta sang anak, namun kamu juga harus paham bahwa melepas anak untuk hidup bersama orang lain tentu saja tidak mudah baginya. Disini lah kamu harus bisa peka terhadap perasaan mertua. Jangan mencoba bersaing dengannya, jika beliau bercerita bagaimana suami kamu menyukai masakannya, katakan saja bahwa kamu ingin belajar memasak darinya.

5. Menerima dan meminta saran mertua

Mertua pastinya memiliki lebih banyak pengalaman hidup dari pada kamu, karenanya jangan ragu untuk meminta saran dan nasihat. Meskipun kamu tidak setuju dengan saran yang beliau berikan, tetaplah berpikiran terbuka untuk menerimanya terlebih dahulu.

Bila kamu memutuskan untuk tidak mengikuti sarannya, tetap dengarkan nasihat yang beliau berikan. Jangan dijadikan saran tersebut sebagai hal yang menyerang pribadi kamu, karena sebenarnya beliau hanya mencoba untuk membantu kamu.

6. Perilaku positif

Jika suami kamu adalah anak pertama, jangan heran jika ibu mertua kamu masih bingung dan beradaptasi dalam perannya sebagai ibu mertua baru. Sebagaimana kamu juga beradaptasi dalam peran baru sebagai istri dan menantu.

Agar bisa menjadi menantu idaman mertua dan menjadi menantu yang disayang mertua, cobalah berperilaku positif terhadap mertua. Berusahalah bersikap baik dan menyenangkan hati beliau supaya mertua tau bahwa anaknya tidak salah memilih pasangan. Beliau pun akan menyayangi kamu seperti anak sendiri.

7. Informatif

Mertua pastinya senang jika diberikan kabar penting yang terjadi dalam kehidupan anak dan menantunya. Berikan beliau informasi mengenai hari penting seperti acara ulang tahun, acara sekolah, dan kabar-kabar yang baik lainnya. Mertua juga pasti senang jika dikirimi foto-foto cucunya, jadi jangan lupakan hal yang satu ini juga loh.

8. Memberikan mertua ikut mengurus anak

Mengijinkan ibu mertua ikut membantu mengurus anak bisa jadi hal yang baik. Anak juga butuh figur kakek neneknya. Biarkan anak merasa dimanja oleh nenek kakeknya sesekali. Namun, kamu juga harus tegas mengenai aturan dalam mendidik anak dan katakan pada mertua agar mengikuti aturan yang telah kamu buat bersama suami.

9. Jangan terlalu berespektasi

Mengenal keluarga dari orang yang kamu nikahi pastinya membutuhkan waktu, mertua juga butuh waktu untuk terbiasa bahwa kini kamu adalah bagian dari keluarganya. Bagi mereka yang beruntung, akan disambut dengan tangan terbuka dan pelukan hangat. Jika tidak, jangan berkecil hati. Teruslah berusaha memenangkan hati mertua.

10. Kesetaraan

Perlakukan ibu kandung dan ibu mertua dengan setara, dengan kasih sayang dan rasa hormat yang sama. Contohnya dengan mengunjungi rumah ibu kandung dan ibu mertua secara bergantian dengan durasi waktu dan rutinitas yang sama, serta memberikan hadiah ketika ia berulang tahun.

11. Yakinkan pada mertua bahwa anaknya aman bersama kamu

Orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Hal ini sering mendatangkan kekhawatiran orang tua terhadap anaknya ketika mereka menikah dan keluar dari rumah untuk hidup bersama keluarga barunya. Apakah anak ku akan bahagia? Bagaimana dengan kehidupannya setelah menikah? Dan banyak pertanyaan lain berkecamuk dalam benak pikirannya. Dengan adanya kehadiran kamu jika tidak bisa meredakan kecemasan mereka sehingga menjadikan orang tua rela melepas kamu tentunya akan menjadi kendala.

Jadi kamu harus meyakinkan mertua kamu bahwa anaknya akan mendapatkan kebahagiaan bersama kamu. Ketika mertua ridho pada hubungan kamu dan percaya akan memberikan yang terbaik untuk anaknya, maka rasa sayang mertua kepada anaknya juga akan kamu dapatkan.

12. Jadi dirimu sendiri

Hal yang paling menyenangkan dalam hidup ini adalah menjadi diri kamu sendiri yang sesungguhnya. Jangan ada drama-drama. Demikian pula ketika kamu memasuki keluarga baru menjadi menantu. Akan semakin memudahkan kamu jika dari awal kamu tampilkan diri kamu apa adanya, tidak bermuka dua dan tulus. Sangat tidak nyaman jika kamu tampil dengan penuh kepura-puraan, termasuk dengan kedua keluarga kamu.

Meski menjadi diri kamu yang sesungguhnya, tentu saja kamu tetap memperhatikan adab sopan santun dan tata krama. Tidak menunjukkan sikap plin-plan, lain di depan lain lagi di belakang. Sampaikan pendapat kamu apa adanya dengan cara yang baik dan terus menjaga pola komunikasi yang baik kepada semua anggota keluarga.

Nah, bagi kamu yang ingin mempersiapkan menuju jenjang rumah tangga ataupun yang sudah berumah tangga tapi masih memiliki kendala dengan mertua. Tips menjadi menantu idaman bisa dicoba. Selamat menjadi menantu idaman ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *