10 Tipe Mertua dan Cara Menghadapinya!

10 Tipe Mertua dan Cara Menghadapinya!

Dalam menjalin hubungan, tidak hanya pasangan yang harus Anda kenali, tetapi ada keluarga pasangan yang harus Anda kenali pula. Terutama orang tua pasangan yang akan Anda panggil mertua.

Dalam mempersiapkan pesta pernikahan, Anda pasti akan lebih sering berhadapan dengan orang tua dari pasangan Anda. Pasalnya, banyak sekali tipe mertua yang memiliki sifat-sifat unik yang terkadang membuat Anda bingung menghadapinya.

Sifat-sifat tersebut merupakan hal yang wajar. Bagi pasangan yang sudah menikah, pertemuan dengan mertua bisa menjadi momen yang awkward. Maka Anda harus tahu, apa saja tipe-tipe mertua dan bagaimana cara menghadapinya. Tentu saja agar Anda hati-hati dalam bersikap. Yuk, simak poin-poin di bawah.

1. Pencemburu dan posesif

Orang tua yang memiliki sifat tersebut merasa jika kamu mengambil buah hatinya dari mereka, sehingga mereka merasa cemburu dan posesif. Mereka merasa dinomorduakan, sehingga mereka bersikap seperti itu. Nah, kalau mertua bersikap seperti ini, kamu hanya perlu mengiakannya saja. Jangan sampai kamu seperti sedang memperebutkan sesuatu, bersikap natural sudah menyenangkan hati mertua, lho!

2. Cari perhatian

Mencari perhatian tidak berbeda jauh seperti pencemburu. Mereka biasanya mencari perhatian pasangan kamu agar pasanganmu tidak lupa dengan mereka. Mencari perhatian wajar, apalagi jika pasangan kamu merupakan anak satu-satunya. Maka yang harus kamu lakukan ialah memberikan perhatian lebih pada mereka. Mereka akan senang karena diberi perhatian olehmu.

3. Tukang ikut campur

Biasanya, tipe mertua seperti ini merasa lebih tahu segalanya dibanding kamu dan pasanganmu yang baru menikah. Mereka akan memberi tahu kamu banyak hal yang menyangkut kehidupan rumah tangga. Mereka akan berdalih bahwa memberi tahu kamu banyak  hal itu demi kebaikan rumah tangga kamu dan pasangan. Jika kamu menemukan tipe mertua seperti ini, kamu boleh mengikuti sarannya, namun bedakan mana yang baik dan tidak untuk rumah tangga kamu.

4. Pengintai

Terdengar menyebalkan, ya? Orang tua seperti ini biasanya ingin mengikuti ke mana kamu pergi. Misal, kamu dan pasangan ingin bertamasya ke suatu tempat, orang tua bertipe seperti ini akan meminta kamu untuk mengajaknya. Mengiakannya beberapa kali itu termasuk hal yang baik, namun jika terlalu sering, waktu bersama kamu dan pasangan menjadi berkurang. Tidak ingin hal seperti itu terjadi, bukan? Kamu harus bisa berbicara dengan baik dan santun, agar tidak menyakiti hatinya.

5. Ramah

Beruntunglah jika kamu punya mertua yang ramah. Mereka akan bersikap sangat baik dengan kamu. Alangkah baiknya kamu bersifat baik juga dengan mereka agar hubunganmu dengan mereka semakin harmonis. Juga membuat pasanganmu merasa senang karena kamu terlihat lebih peduli dengannya.

6. Bersifat cuek

Tipe mertua cuek memang terkadang sulit diartikan. Ada yang cuek karena mereka memang tidak terlalu memedulikan kehidupan rumah tangga kamu dengan pasangan, tetapi ada juga yang cuek namun peduli. Biasanya tipe cuek namun peduli tidak bisa mengekspresikan kepeduliannya terhadap seseorang. Kamu hanya perlu amati, tipe cuek yang seperti apa mereka?

7. Banyak syarat

Ada mertua yang tidak banyak syarat, tapi ada pula yang memiliki segudang syarat untuk rumah tangga kamu dan pasangan. Bahkan terkadang, syarat-syarat tersebut tidak masuk akal. Kamu hanya perlu menyaring mana yang baik untuk rumah tanggamu, dan mana yang tidak. Yang paling mengerti rumah tanggamu, hanyalah kamu dan pasangan. Saring sebijak mungkin, ya!

8. Suka mengomel

Tipe mertua seperti ini memang terkadang membuat kita mengelus dada lebih sering. Pasalnya, hal apapun bisa membuatnya marah. Kebiasaannya yang suka mengomel membuatnya akan terus seperti itu. Kamu harus memahaminya, karena kamu pun sudah termasuk bagian keluarganya. Jadi, tidak heran kalau orang tua seperti itu tidak pilih kasih untuk mengomel. Meski begitu, jangan terlalu dimasukkan ke hati. Berpikirlah positif, karena omelan-omelan itu terkadang ada benarnya dan baik untuk rumah tangga kamu.

9. Matrealistis

Mertua matrealistis tidak banyak ditemukan, namun memang ada keberadaannya. Biasanya mereka meminta kepada kamu ataupun pasangan sebuah hadiah atau sesuatu yang sedang dibutuhkannya. Bahkan terkadang ada pula yang meminta uang langsung untuk memenuhi kebutuhannya. Jika kamu memiliki tipe mertua seperti ini, alangkah baiknya kamu tetap bersabar. Memberinya hadiah di momen-momen tertentu boleh, asal jangan terlalu sering. Tapi jika keuangan kamu dan pasanganmu di titik yang baik, ya, tidak sulit sering memberinya hadiah. Itu akan menyenangkan hatinya.

10. Galak

Sifat kurang welcome ini terkadang karena mereka belum terbiasa dengan kehadiranmu. Tenang, perlahan kehadiranmu akan dilihat olehnya. Ada yang galak karena mereka sayang, ada pula yang benar-benar galak.

Dari kesepuluh tipe mertua di atas, tipe mertua kamu yang mana? Sudah tahu cara menghadapinya, kan? Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *