Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilihkan Anting Emas untuk Anak

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilihkan Anting Emas untuk Anak

Memilih anting emas untuk anak tentunya bukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan sembarangan. Terkadang, memilih anting yang akan dikenakan untuk diri sendiri saja harus melalui berbagai macam pertimbangan.

Pertimbangan-pertimbangan tersebut juga berlaku saat kita memilih anting untuk anak, bahkan mungkin ada lebih banyak lagi perlu dipertimbangkan. Jika Anda bermaksud memilihkan anting emas untuk dikenakan oleh anak-anak, Anda bisa menjadikan beberapa pertimbangan berikut ini sebagai panduan.

Memastikan Tujuan Memasang Anting

Bagi orang dewasa, mengenakan anting emas tentu dilakukan untuk menunjang penampilan, terutama jika memang bekerja di bidang-bidang yang menuntut seseorang untuk selalu tampil menawan, atau mungkin saat harus menghadiri acara tertentu dan sungkan dengan empunya hujat jika tidak tampil menarik, atau bisa juga karena sedang ingin mengenakan anting saja. Namun, mengenakan anting emas kepada anak memiliki tujuan yang sama sekali berbeda karena anak-anak umumnya masih belum perlu menunjang penampilan yang dimilikinya. Kebanyakan dilakukan hanya karena orang tua merasa harus karena melihat teman sebaya anaknya mengenakan anting tanpa diikuti alasan lain yang jelas.

Menentukan tujuan mengenakan anting emas pada anak akan membantu Anda menemukan anting yang paling sesuai dengan tujuan tersebut. Apakah sebagai penanda agar anak perempuan Anda tidak dikira sebagai anak laki-laki? Ataukah Anda bermaksud mengajak anak Anda menghadiri suatu acara dan ingin tampil serasi sebagai ibu dan anak? Apakah Anda ingin memasangkan anting pada anak Anda hanya untuk menjaga agar lubang tindiknya tidak menutup? Atau mungkin Anda ingin memasangkan anting pada anak Anda agar ia mudah dikenali? Tentukan terlebih dahulu pemasangan anting agar tidak terbawa arus ‘ikut-ikutan‘ tanpa memiliki alasan lain. Jika ternyata Anda memang tidak merasa ada alasan khusus untuk memasangkan anting pada anak Anda pun tidak apa-apa untuk menunda menindik telinga anak Anda hingga ia dewasa terlebih dahulu. Nyatanya, kebanyakan perempuan di Amerika Serikat baru menindik telinganya dan memasang anting setelah usia 15 tahun, lho!

Perhatikan Usia Anak

Jika Anda sudah tahu tujuan memasangkan anting pada anak Anda, hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah usia. Anting emas untuk anak bayi tentu berbeda dengan anting yang dikenakan oleh anak-anak yang sudah duduk di bangku sekolah. Memperhatikan usia anak Anda sebelum memasangkan anting padanya akan sangat membantu dalam memilih anting yang sesuai untuknya. Selain itu, memasukkan usia dalam pertimbangan juga penting, karena meski terasa ringan dan biasa-biasa saja, anting-anting sebenarnya membebani telinga Anda. Perlu Anda ketahui, semakin muda usia anak Anda, beban yang diberikan kepada tubuhnya juga harus seminimal mungkin.

Jika Anda memasangkan anting yang terlalu besar atau terlalu berat pada anak Anda yang masih kecil, bisa jadi lubang tindiknya akan melebar karena harus menahan beban anting tersebut. Ini juga yang menjadi alasan mengapa kebanyakan anak bayi yang sudah ditindik biasanya tidak dipasangi anting emas murni yang tidak terlalu berat. Jangan memasangkan anting yang dirancang untuk orang dewasa pada anak-anak. Sebaliknya, pilih anting emas anak yang sesuai, baik secara berat, ukuran, maupun modelnya. Anda tentunya tak akan suka jika buah hati Anda diolok karena mengenakan anting yang desainnya terlalu dewasa untuknya, bukan? Oleh karena itu, pertimbangkan selalu usia yang dimiliki anak Anda.

Bahan dan Sensitivitas Kulit

Jika Anda memperhatikan dengan baik, kebanyakan produk yang dibuat untuk anak-anak, misalnya saja tisu basah, kapas, popok, dan bahkan peralatan mandi seperti sabun dan shampo, selalu memiliki permukaan yang halus atau dibuat dengan bahan-bahan yang lembut. Produk-produk ini memang dirancang khusus agar tidak membuat kulit anak mengalami iritasi karena sensitivitas kulitnya yang lebih tinggi dibanding orang dewasa. Sistem imun pada bayi dan anak-anak memang belum terbentuk sempurna, sehingga produk yang ditujukan untuk mereka umumnya dirancang khusus. Anting emas untuk anak pun juga demikian, pastikan Anda memilih anting dengan bahan serta permukaan yang lembut, terutama karena anting merupakan salah satu aksesori yang bersentuhan langsung dengan permukaan kulit dalam waktu yang cukup lama.

Kebanyakan anting yang dikenakan oleh anak-anak terbuat dari bahan emas murni. Pemilihan ini tentunya bukan didasari alasan bahwa orang tuanya ingin pamer perhiasan dengan memasangkan anting yang mahal kepada anaknya, tetapi karena emas merupakan jenis logam mulia yang tidak menyebabkan munculnya reaksi alergi, sehingga cocok dikenakan oleh anak-anak. Memasangkan anting emas pada anak bisa menjadi pilihan terbaik jika kulit anak Anda sensitif dengan logam. Emas yang digunakan pun umumnya emas kuning, bukan emas putih maupun emas rose gold karena kedua jenis emas tersebut dibuat dengan mencampurkan emas murni dengan logam lainnya seperti nikel atau tembaga maupun perunggu yang mungkin dapat memunculkan reaksi alergi. Pastikan anting emas untuk Anda juga tidak dilapisi dengan rhodium, mengingat logam yang satu ini juga dapat memunculkan reaksi alergi pada kulit yang sensitif.

Aktivitas Anak

Apakah Anda pernah mengalami anting lepas ketika dikenakan dalam aktivitas sehari-hari? Mungkin pernah, ya? Anting emas untuk anak pun sebenarnya juga memiliki risiko yang sama, bahkan lebih besar lagi mengingat anak-anak umumnya memiliki pergerakan yang sangat cepat dan lincah. Pertimbangkan aktivitas dan perilaku anak Anda sebelum memilih anting untuk mereka kenakan. Hindari jenis anting dengan pengait yang mudah terlepas seperti anting stud atau anting kancing yang tidak dipasang dengan benar. Aktivitas anak-anak yang menuntut mereka untuk banyak bergerak sebenarnya memperbesar risiko lepasnya penahan pada anting stud, sehingga anting pun lebih mudah terlepas jika anak Anda bergerak terlalu lincah. Tidak ada salahnya menunda memasang anting emas pada anak Anda jika memang Anda merasa mereka terlalu berisiko kehilangan anting.

Selain anting yang terlepas dan hilang, risiko lain yang mungkin terjadi pada anak-anak yang mengenakan anting adalah cedera karena anting tersangkut saat bermain, baik tersangkut di tangannya sendiri, rambut, atau benda-benda lainnya. Bagi orang dewasa, anting yang tersangkut mungkin bisa ditangani dengan mudah. Namun, untuk anak-anak, banyak yang merasa tidak sabar dan memaksa untuk menariknya sehingga cedera. Oleh karena itu, hindari anting dengan desain yang besar dan rumit karena ini akan membuatnya lebih mudah tersangkut. Hindari juga anting dengan desain permukaan yang runcing karena anak-anak mungkin akan melukai dirinya sendiri secara tidak sengaja karena tergores permukan anting-antingnya sendiri.

Model Anting Emas untuk Anak

Hal terakhir yang patut Anda pertimbangkan sebelum mulai memilih anting emas untuk anak Anda adalah model dari anting tersebut. Anak-anak memang tidak dituntut untuk menjaga penampilannya seperti orang dewasa, tetapi bukan berarti mereka tidak ingin tampil menarik di hadapan teman-temannya. Hanya saja, Anda perlu mencatat bahwa menarik menurut Anda mungkin berbeda dengan menarik versi anak Anda. Ia mungkin tidak merasa bahwa anting besar bertabur berlian merupakan sesuatu yang mengesankan, tetapi anak Anda mungkin merasa anting bintang seperti yang dikenakan tokoh kartun favoritnya adalah perhiasan terhebat yang pernah ada.

Tidak ada salahnya memperhatikan acara televisi yang disukai oleh anak Anda dan memilihkan anting dengan bentuk yang serupa dengan acara tersebut. Meski mungkin Anda merasa desain tersebut biasa saja, atau bahkan cenderung norak, bisa jadi anak Anda mungkin akan memamerkannya dengan bangga pada teman-temannya di sekolah.

Jangan gunakan selera yang Anda miliki saat memilihkan anting emas untuk anak. Buat mereka senang dengan mengikuti selera kekanakan yang mereka miliki. Selain bisa membuatnya merasa senang, memberikan anting emas dengan desain yang mereka sukai juga akan membuat anak Anda merasa perlu menjaga anting tersebut sebagai salah satu benda berharga yang dimilikinya. Dengan demikian, anak Anda pun bisa lebih hati-hati saat mengenakan perhiasan emas favoritnya tersebut.

Itulah dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih anting emas untuk anak. Pertimbangkan baik-baik setiap aspek di atas agar anting yang nantinya Anda berikan kepada anak Anda bisa membuatnya merasa lebih bahagia. Jika setelah mempertimbangkan dengan masak ternyata Anda merasa anak Anda belum perlu mengenakan perhiasan anting, tidak perlu memaksakan diri untuk memasangkan anting kepada mereka, ya! Tidak ada salahnya menunggu hingga mereka lebih dewasa dan memilih sendiri anting yang benar-benar mereka suka. Namun, jika memang Anda ingin membelikan anting emas untuk dikenakan oleh anak Anda, pastikan untuk selalu mempertimbangkan beberapa hal yang sudah kita ulas bersama ini, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *