Mengenal Cincin Perak Wanita dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Mengenal Cincin Perak Wanita dengan Kelebihan dan Kekurangannya

Siapa yang tidak mengenal cincin perak wanita? Perak merupakan salah satu logam yang dapat digunakan sebagai perhiasan dan memiliki banyak keunggulan. Dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan bahan utama perhiasan lainnya.

Perak tetap memiliki pesonanya sendiri yang membuatnya diminati. Tidak jarang anak-anak maupun orang dewasa memilih perak sebagai perhiasan yang mereka beli karena warnanya menyerupai emas putih dan banyak model yang menarik perhatian pembeli.

Mengapa Perak Bisa Jadi Bahan Perhiasan?

Perak sering digunakan sebagai bahan perhiasan untuk menggantikan emas yang lebih mahal. Meski cukup terjangkau, perak merupakan salah satu barang investasi paling berharga dan banyak diminati. Tidak hanya dijadikan sebagai cincin pernikahan, cincin perak wanita juga sangat menarik dari segi fashion. Perhiasan perak juga mudah dipadukan dengan berbagai jenis pakaian, dan kini sudah dibentuk menjadi berbagai corak yang tidak kalah cantik dari perhiasan emas lainnya.

Seperti halnya emas, perak diproduksi melalui proses penambangan. Perhiasan biasanya dibuat dari berbagai macam bahan mulai dari logam mulia hingga batu permata cantik dengan harga yang fantastis. Tentunya perbedaan material juga menentukan perbedaan harga. Selain emas, salah satu logam yang sering digunakan sebagai perhiasan adalah perak. Dengan harga yang lebih terjangkau, perak juga dapat dengan mudah dibuat dalam berbagai bentuk perhiasan yang menarik.

Kelebihan dan Kekurangan Cincin Perak Wanita

Berbeda dengan emas, perak merupakan logam mulia yang tidak mudah mengalami korosi. Maka tak heran jika perak menjadi bahan alternatif pembuatan kalung, cincin, dan gelang selain emas. Banyak orang yang mencari perak sebagai bahan dasar perhiasan. Sifat-sifat perak membuat bahan ini dikenal luas dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tak heran jika banyak wanita lebih suka memilih cincin yang berbahan dasar perak. Agar lebih percaya diri dalam memilih cincin perak wanita, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan bahan ini sebagai perhiasan.

1. Kelebihan Cincin Perak Wanita

Harga lebih terjangkau

Cincin perak atau aksesori apa pun yang menggunakan perak mempunyai harga yang lebih murah daripada emas atau berlian. Harga cincin perak yang lebih murah ini tentunya akan semakin memudahkan pasangan yang memiliki budget terbatas, walaupun uang yang dikeluarkan tidak terlalu besar, kamu tetap bisa menemukan desain cincin terbaik untuk pernikahan kalian.

Jika saat ini kamu sedang disibukkan dengan persiapan lain yang lebih penting dan berniat untuk mencari cincin kawin sementara, maka cincin perak adalah pilihan yang tepat. Jadi kamu bisa menggunakan cincin ini untuk tahun pertama, dan tahun depannya kamu bisa mencari yang lain, yang jauh lebih baik.

Desain yang unik

Kebanyakan orang pasti senang memiliki aksesoris atau produk dengan desain unik yang tidak ada di pasaran. Inilah salah satu kelebihan dari cincin perak, teksturnya yang lembut dan lunak memudahkan untuk dibentuk sesuai keinginan pemesan.

Proses pembuatan cincin atau aksesoris perak sangat mudah dilakukan. Bahkan logam mulia jenis ini bisa dicetak dengan polishing atau soldier. Ini juga salah satu alasan mengapa cincin perakrelatif lebih terjangkau daripada emas, karena pengrajin tidak menghadapi kendala besar dalam produksinya.

Cocok dilapisi material apapun

Selanjutnya cocok untuk dilapisi material apa pun. Warna logam perak adalah campuran abu-abu dan putih. Hal ini membuat logam tetap netral dan cocok dengan warna apa pun, sehingga tetap indah dikombinasikan dengan batu permata dengan warna berbeda.

Perak juga cocok dengan berbagai lapisan bahan, memberikan warna putih keabu-abuan yang mengkilap, mulai dari kilap tinggi hingga lapisan satin lembut. Jadi jika kamu menginginkan cincin perak wanita yang unik dengan warna yang tidak biasa, maka memilih cincin berwarna silver adalah keputusan yang tepat.

Tidak hanya kelebihannya saja, tentunya kamu juga perlu memahami kekurangan dari sebuah cincin perak wanita. Tentunya hal ini menjadi poin penting sebelum kamu membelinya.

2. Kekurangan Cincin Perak Wanita

Daya tahan yang buruk

Kerugian dari bahan perak pertama adalah tidak tahan lama. Kerugian utama perak adalah daya tahannya yang tidak bertahan lama. Cincin perak mudah pudar, terlihat kusam atau menghitam dalam waktu yang relatif singkat dibandingkan dengan cincin yang terbuat dari logam mulia seperti emas.

Ini karena perak mudah bereaksi dengan bahan kimia lain seperti Sulfur. Sulfur biasanya terdapat pada sumber makanan seperti telur dan daging. Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk menjaga keawetan perak agar lebih awet.

kamu pasti harus menjaga cincin perakyang kamu miliki agar terhindar dari barang-barang yang mengandung sulfur. Akan lebih baik jika cincin ini tidak sering digunakan agar tidak terlalu banyak bersentuhan dengan bahan kimia yang menyebabkannya memudar atau menghitam.

Warna lapisan yang mudah hilang

Apalagi lapisan akhir pada cincin perakini mudah hilang. Perak dapat dengan mudah ditutup dengan bahan apa pun, tetapi lapisan ini mudah hilang. Dengan kata lain, beberapa warna pudar akan muncul di cincin perak berlapis dan kecantikannya akan berkurang. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya cincin perak ini tidak dilapisi bahan apapun.

Model Cincin yang Paling Populer

Bagi kamu yang penasaran dengan berbagai model cincin perak wanita yang umumnya ada di pasaran. Berikut ini beberapa modelnya.

1. Cincin perak dengan ukiran nama

Silver name ring. Sterling silver ring. Personalized name image 0
Foto: NameMyMonogram on Etsy

Cincin perak dengan model ini adalah model yang sangat populer di kalangan masyarakat dan pasangan suami istri. Cincin perak semacam ini banyak dijual di toko perhiasan perak di pusat perbelanjaan. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi mencari cincin dengan model seperti itu jika ingin membelinya.

2. Cincin perak model simpel

Image result for plain ring
Foto: Wikipedia

Cincin dengan model sederhana ini merupakan cincin yang memiliki pengikut yang cukup banyak. Apalagi karena bentuknya yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh wanita maupun pria.

Biasanya cincin seperti itu juga bisa digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Untuk wanita atau pria, cincin seperti itu sangat cocok menjadi pilihan yang tepat jika ingin menambah gaya dan tampilan yang mungkin akan kamu lewatkan.

3. Cincin perak model unik

Image result for unique ring
Foto: Diamond & Design

Model cincin perak seperti ini biasanya banyak diminati. Para peminatnya sendiri biasanya seniman atau orang yang menyukai barang-barang unik. Kata unik itu sendiri sebenarnya sangat relatif, ya, tergantung pada sudut pandang pemirsa. Cincin yang memiliki corak unik bisa dilihat dari desainnya atau terukir seperti cincin di bagian sampingnya.

Hal ini juga terlihat pada bentuk badan cincin yang terkadang tidak biasa mengingat bahan utama dari perak itu sendiri dapat dengan mudah dibentuk menjadi berbagai macam bentuk, sehingga tidak menjadi masalah jika cincin perak memiliki bentuk yang unik dan kompleks.

Itu dia kelebihan dan kekurangan dari cincin perak wanita yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya. Ketiga model cincin di bawah juga bisa diaplikasikan pada cincin emas. Apabila kamu memiliki budget lebih untuk membeli cincin emas, tidak ada salahnya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *