Berapa Harga Cincin Perak yang Umum di Pasaran?

Berapa Harga Cincin Perak yang Umum di Pasaran?

Cincin merupakan salah satu perhiasan yang cukup umum dipakai. Apalagi pada proses pernikahan maupun tunangan, cincin digunakan sebagaai tanda komitmen satu sama lain. Cincin tak hanya berhubungan dengan emas saja. Jika kamu ingin memiliki perhiasan yang lebih murah, kamu bisa membeli yang dari bahan perak. Kira-kira berapa harga cincin perak?

Berapa Harga Cincin Perak?

Dalam setiap cincin terdapat kandungan logam yang berbeda-beda. Biasanya kandungan perak di dalam sebuah cincin juga tidak 100%. Terdapat campuran logam lain untuk memberikan kesan indah dan juga elegan. Sementara untuk cincin perak, harganya juga beragam. Bila kamu ingin mengambil yang paling murah, harga cincin dimulai dari harga Rp 300 ribuan.

Namun, kamu juga harus mengetahui ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga. Misalnya saja dari model cincin. Bila modelnya rumit, tentu harganya semakin mahal. Berikutnya adalah harga jasa pembuatan cincin. Setiap produsen pasti memiliki harga berbeda untuk jasa pembuatan. Meski demikian harga cincin perak memang yang paling terjangkau. Jadi, sangat cocok bagi kamu yang sedang menghemat budget khususnya untuk pernikahan. Perak sendiri juga punya banyak kelebihan meski harganya paling murah daripada bahan cincin yang lain.

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Cincin Perak?

Hal utama yang perlu dilihat dari sebuah barang adalah dari kelebihan. Cincin perak memiliki kelebihan untuk mudah dibentuk. Perak merupakan logam yang mudah diubah bentuknya menjadi bentuk apapun. Tentu saja ini sangat cocok bagi kamu dan pasangan yang ingin punya model cincin yang unik dan tak biasa.

Misalnya calon pengantin menginginkan cincin nikah dengan bentuk yang rumit, seperti sulur-sulur pohon yang melilit, menyerupai bentuk hewan tertentu, lambang love, atau lambang suatu hal yang penting bagi pasangan pengantin. maka cincin nikah perak adalah logam yang paling cocok untuk itu. Selain mudah dibentuk, perak juga mudah disolder dan dipoles.

Berikutnya adalah cocok untuk dilapisi bahan apapun. Warna logam perak merupakan campuran abu-abu ke putih. Hal ini membuat logam tersebut netral untuk dipadukan dengan warna apapun, sehingga akan tetap indah dipadu dengan batu mulia dengan berbagai warna. Perak juga cocok dengan berbagai macam lapisan bahan, yang membuatnya bisa menjadi berwarna putih mengkilap, keabu-abuan, high polish sampai soft satin. Maka jika kamu ingin cincin dengan warna yang tidak biasa, maka memilih cincin perak adalah keputusan yang tepat.

Berikutnya cincin nikah perak punya kelebihan dari segi budget. Harga perak relatif stabil dan murah, terutama dibandingkan dengan emas dan logam mulia lainnya. Oleh karena itu, saat kamu khususnya calon pengantin memiliki keterbatasan budget tidak ada salahnya jika mengakali keterbatasan budget tersebut salah satunya adalah dengan memilih cincin nikah perak.

Cincin ini bisa diganti menjadi yang lebih baik ketika ulang tahun pernikahan, salah satunya dengan cincin emas. Apalagi cocok untuk pria muslim di mana dalam ajaran agama Muslim laki-laki tidak diperkenankan menggunakan cincin emas. Sementara itu, tidak ada larangan penggunaan perak sebagai perhiasan pada agama dan budaya manapun, sehingga cincin nikah perak bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tak hanya kelebihan saja, tentu kamu juga perlu memahami kekurangan cincin perak. Tentu saja ini menjadi bahan pertimbangan penting sebelum membelinya. Kekurangan dari bahan perak yang pertama adalah daya tahan tidak lama.

Kekurangan utama pada perak memang adalah daya tahannya yang tidak bisa awet dalam waktu yang lama. Cincin perak mudah memudar, terlihat kusam atau kehitaman dalam waktu yang relatif singkat dibanding dengan cincin logam mulia seperti emas. Tentu disesuaikan dengan harga cincin perak yang lebih terjangkau. Hal ini dikarenakan perak mudah bereaksi dengan zat kimia lain, misalnya sulfur.

Sulfur biasanya terdapat di sumber makanan, seperti telur dan daging. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga daya tahan perak agar awet lebih lama. Pastinya sebaiknya menghindari cincin perak dari bahan-bahan tersebut. Akan lebih baik jika cincin ini tidak sering digunakan, sehingga tidak terlalu banyak bersentuhan dengan bahan-bahan kimia yang membuatnya akan memudar atau menghitam.

Tak hanya itu saja, lapisan akhir dari cincin perak ini mudah hilang.  Perak memang mudah dilapisi oleh bahan apapun, tapi lapisan ini mudah hilang. Dengan kata lain akan tampak semacam warna yang pudar pada cincin perak yang dilapisi itu dan kecantikannya akan berkurang. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya memang cincin perak ini tidak dilapisi oleh bahan apapun.

Dengan memahami secara keseluruhan soal cincin nikah perak, ada baiknya kamu melihat dan meninjau kembali dari sisi kelebihan dan kekurangan. Tentu saja memilih cincin perak tidak ada salahnya dan tetap memberikan kesan elegan dan mewah. Apalagi jika kamu cenderung punya budget yang terbatas.

Jika dilihat, cincin perak pada dasarnya membutuhkan perawatan yang lebih. Karakteristiknya memang tidak memiliki daya tahan tinggi seperti cincin emas, palladium bahkan platinum. Maka, penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa cara untuk merawat cincin perak dengan tepat.

Cara Merawat Cincin Perak
product, silver, ring

  1. Simpan di tempat khusus

    Pertama adalah dari segi tempat penyimpanan. Banyak orang berpikir bahwa menyimpan cincin cukup di dalam kotak atau lemari saja. Namun, kamu harus memperhatikan juga cara menyimpannya. Untuk cincin berbahan perak sebaiknya diletakkan di tempat khusus. Jangan campur perhiasan ini dengan bahan yang lain karena bisa membuat bahaya.

  2. Jangan pilih tempat lembab

    Berikutnya, kotak cincin harus dipastikan dalam tempat yang kering dan juga sejuk. Jangan pilih tempat yang lembap, terlalu panas atau bahkan terlalu pengap. Jadi, kamu memang harus menyiapkan tempat penyimpanan khusus jika ingin perhiasan perak tetap awet. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam hal menyimpan.

    Sebelum dimasukkan ke dalam kotak, kamu bisa membungkus cincin dengan tisu. Pakai tisu yang lembut dan juga bersih. Setelah itu, masukkan cincin yang sudah terbungkus tersebut ke dalam box atay lemari. Cara ini untuk memastikan cincin tidak tergesek benda kasar lainnya.

  3. Pahami aturan pemakaian

    Tak hanya memikirkan tempat penyimpanan saja. Kamu juga harus tahu aturan dalam memakai cincin. Ingat bahwa perak tidak bisa banyak terpapar chlorid, sulfur dan mentol. Maka, kamu perlu mencopot cincin perak dalam beberapa kondisi. Misalnya pada saat akan berenang atau melakukan kegiatan ekstrim. Hindari pula cincin terpapar parfum. Hal ini menjaga supaya warna perak tidak luntur. Tak hanya itu saja, hal ini juga untuk memastikan cincin tidak rusak atau terkikis.

  4. Bersihkan secara berkala

    Jangan lupa untuk membersihkan cincin perak secara berkala. Caranya cukup mencucinya dengan air hangat dan sabun cuci piring. Setelah itu, lap menggunakan kain yang lembut.

Melihat harga cincin perak yang terjangkau tentu bisa menjadi pilihan bagi kamu yang sedang mencari perhiasan atau cincin nikah. Namun jangan lupa ketahui kekurangan dan kelebihan serta pahami cara merawatnya dengan benar.

Foto: PXhere

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.