Tips Memilih Cincin Nikah yang Terbaik

Bagaimana Mendapatkan Cincin Tunangan yang Sesuai Budget?

Cincin menjadi simbol ikatan hubungan yang pada sebuah acara pertunangan. Cincin tunangan biasanya diberikan pihak laki-laki pada perempuan atau untuk digunakan keduanya. Sering kali dalam memilih cincin ini mengalami kesulitan. Terlebih ketika budget yang dimiliki terbatas, maka cincin tunangan murah menjadi incaran.

Tidak ada aturan khusus dalam menentukan cincin tunangan, baik model, bahan, ukuran cincin maupun harga. Semuanya dapat disesuaikan selera kemampuan. Akan lebih baik dibicarakan dulu dengan pasangan untuk mendapat solusi bersama.

Jika kamu memiliki budget terbatas untuk pembelian cincin tunangan, kamu perlu mengakalinya. Beberapa pertimbangan bisa dilakukan untuk mendapat cincin tunangan murah. Mau tahu? Cobalah beberapa cara berikut ini:

Cara Memilih Cincin Tunangan Murah

Cara Memilih Cincin Tunangan Murah

1. Pilih Jenis Logam Mulia

Coba diskusikan dengan pasangan, jenis logam mulia untuk cincin tunangan. Emas memang masih menjadi yang paling populer terlebih kamu bisa memilih menggunakan emas kuning, emas putih dan emas pink atau rosegold. Dengan pilihan warna ini kamu bisa menyesuaikan dengan warna kulit agar tampak serasi.

Harga emas relatif lebih terjangkau dibandingkan platinum. Namun jika kamu mencari yang lebih terjangkau lagi, kamu bisa memilih perak, pallanium dan aneka jenis logam mulia lainnya. Tidak jadi masalah asalkan sudah berdasarkan diskusibersama dengan pasangan.

Jika kamu memilih cincin emas, agar mendapat cincin tunangan murah lebih baik mempertimbangkan fluktuasi harga saat akan membeli. Sebab harga emas mengalami fluktuasi dipengaruhi inflasi dan faktor ekonomi lainnya. Agar mendapat harga beli yang murah, belilah di waktu yang tepat di saat harga emas mengalami penurunan.

2. Batu mulia

Beberapa pasangan menggunakan cincin tunangan berhias batu mulia untuk memberi kesan mewah. Kamu masih bisa memberikan cincin berhias batu mulia dengan budget minimum, kok bisa? Tentu saja dengan memilih alternatif batu mulia yang ramah di kantong. Jangan terlalu muluk menggunakan batu berlian, terlebih memilih batu berwarna seperti rubi atau safir. Kamu bisa memilih moissanite yang menyerupai berlian namun memilih harga yang lebih murah. Moissanite merupakan batu mulia yang terbentuk secara alami namun sebagian telah melalui proses buatan. Secara kasat mata sangat sulit membedakan moissanite dengan berlian asli bahkan terkadang lebih berkilau.

Kamu juga bisa memilih zirkonia kubik yakni batu buatan menyerupai berlian. Hanya saja batu buatan ini tidak bersinar cemerlang meski tetap tampak berkilau. Karenanya harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Namun ingat saat memilih batu mulia alternatif harus dengan kesepakatan bersama pasangan, jangan sampai ada yang merasa tertipu.

3. Ukuran dan karat

Tidak ada aturan khusus yang mengatur desain cincin tunangan jadi tidak perlu terbebani jika memang kemampuan keuangan tidak memadai.  Kamu bisa menyesuaikan baik ukuran logam mulia untuk cincin tunangan hingga besaran karat perhiasan. Memilih ukuran logam mulia yang lebih kecil bisa untuk menekan harga dibandingkan ukuran logam lebih besar. Bahkan tidak hanya untuk ukuran logam mulia saja melainkan untuk ukuran batu mulia.

Kamu bisa menentukan ukuran sesuai dengan budget yang ada agar mendapat cincin tunangan murah. Demikian pula dengan pertimbangan jumlah karat pada perhiasan sebab perbedaan jumlah karat memberikan perbedaan harga yang sangat berbeda. Tidak masalah memilih jumlah karat yang sedikit lebih kecil sesuai dengan kemampuan dana yang ada.

4. Menentukan toko

Menentukan tempat di mana kamu membeli sangat penting dan juga berpengaruh pada harga. Toko ternama lebih menawarkan harga cukup mahal meski tentu dengan kualitas sepadan. Namun jika hal itu tidak penting bagi kamu, boleh memilih membeli di toko perhiasan lokal. Jangan berpatokan hanya pada satu toko, kamu bisa membandingkan terlebih dahulu sebelum memutuskan membelinya.

Bahkan di zaman sekarang, kamu bisa mempertimbangkan membeli secara daring melalui online shop. Keuntungannya selain banyak menawarkan cincin tunangan murah, kamu tidak perlu bersusah payah mengunjung toko perhiasan satu persatu. Cukup memilah-milah dari rumah menggunakan perangkat smartphone. Namun demikian perlu kehati-hatian dalam memilih toko cincin tunangan, pastikan kamu membeli di toko yang memang sudah terpercaya.

5. Pesan jauh hari

Jika kamu menginginkan desain khusus yang tidak ada di pasaran, kamu bisa melakukan pemesanan desain. Yakni dengan pemesanan cincin custom dengan desain yang kamu dan pasangan inginkan. Namun untuk mendapat harga yang ramah di kantong, kamu harus memesan dari jauh-jauh hari. Sebab semakin singkat waktu pengerjaan semakin mahal harga yang harus kamu bayar.

Selain lamanya waktu pengerjaan, kerumitan desain juga mempengaruhi harga yang harus kamu bayar. Pilihlah desain sederhana namun tetap berkesan misalkan inisial nama kamu dan pasangan tanpa detail lain yang rumit.

Namun sebenarnya cincin desain unik ini bisa jadi alternatif dibandingkan cincin dengan batu berlian. Pasangan tidak akan kecewa sekalipun cincin tunangan tidak berhias berlian namun didesain khusus dan berkesan. Meskipun biaya desain dan pembuatan mahal tetap tidak semahal jika harus membeli berlian.

6. Tidak perlu sepasang

Tradisi bertukar cincin dalam pertunangan mengharuskan untuk membeli cincin tunangan sepasang. Jika hal tersebut membebani karena anggaran yang ada sangat terbatas, tidak perlu memaksakan diri. Cukup satu cincin untuk pihak perempuan sebagai bukti keseriusan dan memasuki jenjang lebih dari sebelumnya.

Sebenarnya pertunangan hanyalah fasememasuki jenjang lebih serius dari pacaran. Pertunangan menjadi momen untuk memperkenalkan dua keluarga besar. Sedangkan cincin bagian dari simbol yang digunakan untuk menandakan ikatan.

Ada yang mengatakan bahwa harga cincin tunangan harus setara tiga bulan gaji pihak laki-laki. Tentu hal tersebut cukup memberatkan mengingat ada berbagai kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Karenanya lebih baik abaikan kebiasaan atau tradisi tidak mendasar tersebut. Beli cincin tunanhan sesuai dengan kemampuan.

Itulah cara memilih cincin tunangan murah untuk kamu yang memiliki dana terbatas. Membeli cincin tunangan sebaiknya memberatkan namun demikian penting untuk berdiskusi dengan pasangan. Sampaikan secara terbuka budget yang kamu miliki agar pasangan tidak kecewa nantinya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *