Tips Penting dalam Merawat Gelas Emas Mewah

Tips Penting dalam Merawat Gelang Emas Mewah

Ada berapa banyak gelang emas mewah yang kamu miliki? Satu? Dua? Atau mungkin kamu seorang kolektor yang memiliki lebih dari lima gelang mewah? Berapa pun gelang emas yang kamu miliki, bukan berarti gelang mewah tersebut merupakan barang sehari-hari yang bisa diperoleh dengan mudah.

Meski emas adalah logam mulia yang sifatnya abadi, cara perawatan dan penyimpanan yang tepat tetap diperlukan untuk menjaga kualitas kilau yang dimilikinya. Jika kamu belum tahu bagaimana cara merawatnya, kiat-kiat berikut bisa kamu praktikan untuk memastikan setiap gelang emas mewah yang kamu miliki selalu terjaga kilaunya.

1. Ketahui Spesifikasi Gelang Emas

Untuk urusan popularitas, perhiasan emas selalu menempati urutan atas di hati masyarakat. Tidak ada keraguan bahwa perhiasan emas adalah tren yang tidak akan pernah ketinggalan zaman. Dalam perhiasan, emas sering kali dipadukan dengan berbagai material berharga lainnya seperti batu alam, batu buatan, atau mutiara. Perbedaan material ini tentu berdampak pada cara perawatan dan penanganannya.

Penting sekali untuk mengetahui spesifikasi gelang emas yang kamu miliki secara mendetail. Berikut adalah pengetahuan dasar spesifikasi gelang emas beserta komponennya yang perlu kamu ketahui:

Warna emas adalah karakteristik yang paling mudah dikenali dalam sekali pandang. Jika ada perbedaan warna emas, umumnya dihasilkan dari campuran jenis logam yang digunakan bersama dengan emas murni. Logam seperti tembaga, nikel, atau perak yang kerap dijadikan campuran emas dalam perhiasan memiliki sifat alami berbeda. Mengetahui karakteristik perbedaan warna ini dapat membantu memutuskan kondisi penyimpanan yang sesuai.

Pelajari kadar emas dari gelang emas mewah yang kamu miliki. Semakin tinggi kadar emasnya, kandungan emas murninya pun semakin banyak. Sebagaimana diketahui, emas murni memiliki sifat alami yang lebih lunak jika dibanding logam lainnya, sehingga penting untuk mengetahui berapa kandungannya agar kamu tahu apakah gelang emasmu bisa disimpan dengan dicampur bersama perhiasan lain.

Material berharga selain emas pada gelang emas mewah adalah komponen lain yang perlu masuk pertimbangan dalam merawat dan mengenakan gelang tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis material berharga yang menghiasi gelang milikmu. Setiap material membutuhkan perlakuan khusus tertentu, misalnya saja:

Batu giok – Jauhkan gelang berhias batu giok dari air karena air dapat memengaruhi kilaunya. Saat dikenakan, berhati-hatilah agar kamu tidak menjatuhkannya, membenturkannya, atau menggoresnya ke permukaan keras karena dapat menyebabkan batu giok retak atau bahkan pecah.

Mutiara – Tidak seperti batu alam lainnya, mutiara memiliki permukaan yang lunak sehingga kamu perlu berhati-hati agar tidak lecet. Selain itu, jangan simpan gelas emas mutiara mewah milikmu di kantong plastik atau di dalam brankas. Kantong plastik memiliki kandungan bahan kimia tertentu yang dapat merusak mutiara, dan udara yang sangat kering di dalam brankas juga tidak baik untuk mutiara. Terakhir, kenakan mutiara sesering mungkin karena minyak alami yang dihasilkan tubuh dapat mempertahankan kilaunya.

Batu permata – Terlepas dari sifatnya yang keras, batu permata tetap rentan terhadap goresan, terkikis, atau patah. Berhati-hatilah agar dapat menghindari gesekan saat dipakai dan simpan terpisah. Paparan zat kimia adalah musuh besar gelang emas mewah yang dihiasi dengan batu permata.

2. Perhatikan Tata Cara Pemakaian Harian

Jika diperlakukan dengan benar dan tepat, gelang emas dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Namun, ada beberapa hal yang perlu diingat saat mengenakan gelang emas:

Emas adalah logam yang bersifat lunak sehingga rentan terhadap bantingan, goresan, dan penyok. Berhati-hatilah saat kamu memakai gelang emas dan pastikan melepasnya saat berolahraga atau aktivitas kontak yang tinggi.

Klorin adalah musuh terburuk emas. Paparan klorin secara berulang dapat melemahkan struktur gelang emas mewah dan membuatnya mudah rusak. Pastikan untuk melepas perhiasan sebelum memasuki kolam renang atau spa.

Lepaskan gelang emas mewah saat sedang bersih-bersih. Cairan pembersih bersifat asam atau abrasive sehingga dapat merusak lapisan perhiasan.

Pasang gelang emas mewah setelah kamu selesai melakukan perawatan atau riasan. Make up, parfum, hairspray, dan lotion dapat merusak emas. Jadi, pastikan kamu sudah selesai bersiap-siap dan kenakan perhiasan emasmu di urutan akhir sebelum bepergian.

Lepaskan gelang sebelum mandi. Memakai gelang saat mandi dapat menyebabkan penumpukan sabun yang akan membentuk lapisan pengganggu di permukaan gelang.

3. Lakukan Perawatan yang Teratur

Ketika dikenakan, gelang emas mewah akan terpapar minyak dari kulit, keringat, debu, riasan, dan banyak lagi. Agar tetap berkilau, kamu perlu merawat perhiasan secara teratur dengan air hangat dan sabun cuci piring. Pastikan larutan tidak terlalu pekat dengan komposisi 10 bagian air hangat dan 2 bagian sabun cuci piring. Kamu juga dapat merendam gelang emas mewah selama 3 jam dan menggosoknya dengan menggunakan sikat dengan lembut. Bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan kain. Jangan gunakan handuk kertas atau tisu karena permukaan gelang dapat tergores.

Bersihkan sesuai kebutuhan dan jangan terlalu berlebihan! Hanya bersihkan gelang emas mewah saat sudah tampak kotor. Kamu juga bisa menggunakan alkohol untuk membersihkan dengan higienis. Keuntungan membersihkan gelang emas mewah secara berkala adalah kamu memiliki kesempatan untuk memantau atau mencari kerusakan maupun batu yang lepas.

4. Cara Menyimpan Gelas Emas Mewah

Setelah memakai dan membersihkan gelang emas mewah, sempurnakan perawatan dengan menyimpannya sebaik mungkin. Jika kamu masih bingung, kamu bisa menjadikan langkah-langkah berikut sebagai panduan:

Gunakan kotak perhiasan dengan kompartemen terpisah yang bersih, kering, dan dilapisi dengan kain. Upayakan agar tidak tercampur dengan logam mulia lainnya agar kadar serta kualitas kilau emas perhiasanmu tetap terjaga dan tidak terpengaruh oleh perhiasan dengan kadar emas yang berbeda. Simpan dalam kotak yang kering dan, jika diperlukan, beri silica gel agar kotak penyimpanan tidak lembab.

Bungkus setiap bagian dengan kain lembut. Jika kamu tidak memiliki kotak perhiasan, simpan secara terpisah di ziplock atau kantong kedap udara untuk menjaga kualitas kilaunya. Simpan secara terpisah agar perhiasan tidak kusut atau saling menggores.

Selalu simpan perhiasan yang tidak dipakai dari sinar matahari langsung, lembab, atau panas. Suhu tinggi akan merusak atau mengubah warna perhiasan secara permanen seiring waktu.

5. Jadwalkan Perawatan Tahunan

Kiat-kiat di atas adalah cara untuk merawat gelang emas mewah sehari-hari. Namun, agar lebih aman, gelang emas mewah perlu dibersihkan secara profesional setiap enam bulan sekali. Memeriksa adanya kerusakan atau bagian yang renggang pada gelang juga perlu dilakukan setiap tahun. Kamu bisa melakukan perawatan profesional semacam ini di toko emas terkemuka

Merawat perhiasan agak mirip dengan merawat hubungan antara pasangan. Perlu cinta untuk menjaganya agar tahan lama. Memahami cara merawat yang benar dapat membuat perbedaan besar dalam mempertahankan kilau, keindahan, dan masa pakainya. Semoga kiat-kiat di atas bermanfaat dalam merawat gelang emas mewah kesayanganmu, ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *