keunggulan berlian

Keunggulan Berlian dengan Perhiasan Lain

Apa itu berlian? Diamond, berasal dari bahasa Yunani adamas yang berarti ‘tidak terkalahkan’. Ini sesuai dengan sifat aslinya yaitu batu alam paling keras di bumi. Dalam bahasa Latin disebut juga adamare yang artinya mencintai dengan sepenuh hati. Berlian merupakan salah satu batu permata yang paling berharga di Bumi. Berlian adalah intan yang diasah baik-baik hingga indah kemilau cahayanya. Keunggulan berlian yakni berlian hanya akan tergores dengan berlian yang lain.

Mengapa berlian unggul?

Berlian itu abadi. Maka memilih berlian sebaiknya juga tidak asal-asalan. Pasalnya selain dipakai sebagai perhiasan, berlian bisa juga diwariskan, bahkan untuk investasi. Berlian berasal dari dalam tanah, jauh di bawah kaki kita. Umumnya, batu paling keras di Bumi ini terkubur sedalam 160 km. Saat masih berada di dalam tanah, bentuknya masih berupa bebatuan keras. Bebatuan keras ini terbentuk dari karbon. Berlian adalah benda yang sangat langka.

Jika semua berlian yang telah diasah dikumpulkan menjadi satu sejak terciptanya bumi, berlian tersebut hanya dapat memenuhi satu bus bertingkat. Banyak bintang di langit yang berintikan berlian. Inti berlian terbesar yang diketahui eksis di alam semesta kita memiliki berat 2,27 ribu triliun ton (10 milyar triliun carat). Berat ini setara dengan 179 triliun bus bertingkat.

Nilai sebuah berlian

Semakin langka dan indah sebuah berlian, maka semakin sangat bernilai berlian itu . Kelangkaan dan keindahan sebuah berlian didasarkan pada apa yang dikenal sebagai empat C: Color, Clarity, Carat dan Cut (warna, kejernihan, karat dan potongan). Sebuah berlian yang baik seharusnya tidak berwarna. Sementara kebanyakan orang melihat semua berlian tampaknya tidak berwarna, namun beberapa berlian sering mengandung kotoran yang muncul sebagai jejak kuning atau abu-abu. Berlian yang murni, yang mana merupakan berlian yang paling berharga adalah berlian yang tidak berwarna dan dinilai dengan grade “D” sementara berlian yang kekuningan dinilai dengan “Z”.

Hal ini umumnya ditetapkan bahwa semakin besar kejelasan sebuah berlian, yaitu semakin jauh berlian dari noda (ketidaksempurnaan pada permukaan berlian, yang mengurangi nilainya) dan inklusi (mineral atau keretakan yang umumnya sangat sulit untuk dilihat dengan mata biasa, yang muncul ketika berlian sedang terbentuk) maka berlian tersebut semakin bernilai tinggi dan tentu saja berlian kelas D lebih langka daripada batu kelas Z.

Manfaat Berlian

Image result for diamond

1. Berlian sebagai alat investasi

Selain emas, berlian juga menarik dijadikan alat investasi. Keunggulan berlian dibanding alat investasi lainnya, berlian bisa dipakai sebagai aksesoris. Selain itu berlian juga memiliki nilai jual dengan keuntungan rendah. Pergerakan harga berlian tidak sedinamis produk invetasi lainnya. Ada potensi keuntungan tapi bukan sesuatu yang bisa digarisbawahi dan ditonjolkan. Keunggulan berlian adalah berlian mudah dibawa-bawa dan investasi untuk kecantikan.

2. Berlian sebagai perhiasan

Siapa yang tidak mengenal jenis perhiasan yang memiliki hiasan intan di atasnya? Sejak daman dahulu, intan atau berlian selalu menjadi primadona dalam hal aksesoris dan perhiasan. Meskipun perhiasan yang bertahtakan intan berlian ini memiliki harga yang tergolong tinggi, namun banyak sekali orang yang berebut untuk memiliki perhiasan yang bertahtakan intan berlian. Biasanya orang memilih jenis perhiasan yang memiliki berlian karena banyak hal, antara lain bentuk batu intan atau berlian yang cantik dan menarik dan meningkatkan gengsi seseorang.

3. Berlian sebagai koleksi

Selain memanfaatkan intan berlian sebagai perhiasan dan juga untuk meningkatkan prestise atau gengsi, biasnya orang – orang memiliki berlian sebagai salah satu benda koleksi mereka. Sama seperti jenis benda koleksi lainnya, biasanya orang – orang mengkoleksi berlian dan intan karena memang suka dengan bentuk dan kemewahan dari intan itu sendiri. Biasanya mereka yang mengoleksi intan dan berlian tidak hanya menyimpannya dalam bentuk perhiasan, namun juga menyimpannya dalam bentuk berlian utuh, yang belum dipasangkan pada jenis perhiasan.

4. Berlian menunjukkan status sosial

Sudah pernah disinggung sebelumnya, penggunaan intan dapat menunjukkan kelas sosial sesorang. Harga beli intan yang sangat tinggi membuat tidak sembarang orang dapat memilikinya. Lupakan gelang dan kalung emas, harga intan jauh lebih tinggi dari harga gelang dan kalung emas biasa. Maka dari itu, banyak sekali, walaupun tidak semua orang – orang yang menggunakan berlian untuk menunjukkan status sosial mereka, dan menjadi ajang pamer kekayaan serta kemampuan.selain itu, intan juga sering dimanfaatkan untuk meningkatkan gengsi, pamor dan prestige seseorang dan membuat orang menjadi lebih dihormati karena memiliki status sosial yang tinggi.

Dari artikel di atas, tentunya kamu sudah memiliki pemahaman mengapa berlian memiliki banyak keunggulan yang tidak bisa kamu sandingkan dengan perhiasan lain. Artikel di atas bisa kamu jadikan bahan pertimbangan ketika kamu ingin menjadikan belian sebagai perhiasan maupun sebagai investasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *