Di saat hari menuju pernikahan, biasanya akan muncul perdebatan dalam menentukan budget cincin kawin. Bingung dalam menentukan harga cincin kawin adalah hal yang wajar apa lagi ini pengalaman pertama kamu dan pasangan. Kami akan memberikan informasi tentang kisaran harga cincin kawin dan faktor apa saja yang mempengaruhi cincin.

Cincin kawin biasanya diberikan saat kedua pasangan mengucapkan janji nikah yaitu pada saat akad nikah dilakukan. Dalam hal ini, cincin kawin digunakan sebagai simbol yang mengikat kedua pasangan secara resmi.

Untuk kamu, sebelum mencari cincin harus tahu terlebih dahulu bahwa ada sejumlah faktor yang menentukan harga cincin kawin. Nah, dengan mengetahui sejumlah faktor berikut, kamu bisa lebih mudah mengira-ngira budget yang harus disiapkan untuk membeli cincin kawin.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Cincin

Sebenarnya berapa harga pasti atau kisaran harga cincin kawin? Pastinya harga ini ditentukan oleh banyak faktor. Misalnya harga emas yang berubah-ubah atau ada faktor lain yang bisa berdampak terhadap berapa harga cincin kawin. Berikut ini faktor yang mempengaruhi cincin kawin.

1. Logam Cincin

Ada banyak jenis logam yang bisa kamu dan pasangan pilih untuk cincin kawin. Namun, beberapa jenis logam yang terkenal dan biasa digunakan untuk cincin kawin antara lain emas, palladium, dan perak. 

Pastinya model cincin yang memiliki banyak aksen akan jauh lebih mahal ketimbang yang polos. Maka kamu lebih baik menyesuaikan dulu budgetnya. Jika memang kamu punya banyak budget, tidak masalah jika kamu memberikan permintaan khusus terhadap logam cincin.

Semakin tinggi logam cincinnya dan semakin indah maka akan semakin mahal. Jika ingin mendapatkan cincin yang terjangkau, kamu bisa membeli model cincin yang memang sudah disiapkan oleh toko perhiasan tersebut.

Jika kamu memilih emas untuk cincin kawin, pilihlah yang kadarnya 18 karat. Hal ini dikarenakan, emas 24 karat atau emas murni memiliki sifat yang lunak dan mudah berubah bentuk. Sementara, emas 18 karat memiliki campuran logam lain sebanyak 25% sehingga lebih kuat dan tidak mudah bengkok.

Logam lain yang dapat kamu pilih untuk cincin kawin adalah palladium. Dari tampilannya, palladium memiliki kemiripan dengan platinum. Warna putih alami pada palladium membuatnya tidak memerlukan pelapisan ataupun campuran logam lain. Bedanya, cincin nikah palladium juga lebih terjangkau.

Logam lain yang bisa kamu pilih adalah perak. Dibanding ketiga logam sebelumnya, cincin kawin perak memiliki harga yang paling murah. Akan tetapi, daya tahan cincin kawin perak tidaklah sebaik tiga logam lainnya. Seiring dengan waktu, logam perak akan menghitam.

2. Model Cincin Kawin

Semaki tinggi tingkat kesulitan pembuatan cincin, maka semakin mahal juga harganya. Selain itu, tebal tipisnya cincin juga bisa mempengaruhi harganya karena berhubungan dengan banyaknya logam yang digunakan. Semakin berat cincin nikah tersebut, tentu saja harganya akan semakin tidak terjangkau.

Dalam memilih model cincin kawin, pastikan kamu menyesuaikannya dengan kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari. Jika kamu banyak bekerja di luar ruangan dengan medan yang cukup berat, tentu kamu bisa mempertimbangkan model cincin yang sederhana dengan rangka yang lebih tebal.

3. Kadar Emas di Cincin

Selain kandungan emas yang harus diperhitungkan, kadar emas juga memberikan pengaruh terhadap harga jual dari cincin. Maka kamu harus memastikan hal ini sebelum menanyakan berapa harga cincin kawin. Kadar emas yang ditawarkan biasanya mulai dari 70% sampai 99%. Umumnya cincin kawin akan memakai cincin dengan kadar 70%.

4. Bahan Cincin

Tidak selamanya cincin kawin dibuat dari emas kuning. Faktor yang menentukan berapa harga cincin kawin adalah bahan yang akan dipakai. Saat ini ada banyak jenis bahan yang kerap dipakai. Mulai dari emas putih, palladium, platinum hingga yang sedang kekinian rose gold.

Tentu saja setiap bahan punya kelebihan dan kekurangan serta harga yang berbeda. Misalnya saja ketika kamu membeli cincin dengan bahan emas putih. Cincin ini dari luar akan tampak seperti silver padahal di balik warna silver tersebut ada warna emas kuning.

5. Batu Permata yang Ada di Cincin

Jika pilihan kamu jatuh pada cincin kawin berlian, hal yang perlu kamu perhatikan adalah unsur 4C, yaitu carat, clarity, color, dan cut. Semakin tinggi kualitas berlian yang kamu pilih, tentu saja harganya akan semakin mahal.

Kisaran Harga Cincin Kawin di Pasaran

Kisaran Harga Cincin Kawin
Foto: Pixnio

Harga Cincin Emas

Harga emas tak pernah stabil, kadang naik kadang turun. Emas sering digunakan sebagai standar nilai dari mata uang di dunia. Harga emas sering mengalami perubahan terkait dengan kondisi pasar.

Untuk kisaran harganya, cincin kawin emas dibedakan berdasarkan jumlah karat dan berat yang dimiliki. Untuk emas kuning perkiraan harganya adalah sebagai berikut:

  • 1 gram 10K     = Rp 445 ribu.
  • 2 gram 10K     = Rp 890 ribu.
  • 3 gram 10K     = Rp 1.335 ribu.
  • 1 gram 17K     = Rp 691 ribu.
  • 2 gram 17K     = Rp 1.382 ribu.
  • 3 gram 17K     = Rp 2.073 ribu.

Dan kisaran untuk emas putih yaitu:

  • 1 gram 10K     = Rp 453 ribu.
  • 2 gram 10K     = Rp 906 ribu.
  • 3 gram 10K     = Rp 2.124 ribu.
  • 1 gram 17K     = Rp 708 ribu.
  • 2 gram 17K     = Rp 1.416 ribu.
  • 3 gram 17K     = Rp 2.124 ribu.

Namun demikian harga dari jenis emas putih ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan harga emas kuning. Untuk perawatan jenis cincin ini ada perlakuan khusus. Yaitu dengan pelapisan rhodium yang membuat warnanya bisa tetap berkilau.

V&Co Jewellery, memiliki beberapa model cincin emas yang sangat menarik dan mewah. Seperti cincin berikut ini,

Kamu bisa memiliki cincin ini dengan seharga Rp 12.552.000.00. Model seperti ini akan membuat cincin yang kamu kenakan semakin mewah. Meski ditaburi banyak berlian, cincin dari koleksi ini tetap anggun dan menawan bila dipakai. Harga dari koleksi ini juga bervariasi tergantung kerumitan dari desaignnya.

Harga Cincin Palladium

Saat ini cincin kawin palladium banyak dicari pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan. Palladium menjadi pilihan karena tidak dapat menghitam atau menguning seperti perak. Kilauan cincin pun awet. Hal ini diharapkan seperti pernikahan yang cintanya akan awet dan tidak akan pudar hingga waktu yahg lama.

Harga cincin palladium sangat bervariasi. Kisaran harga dari cincin kawin palladium :

  • Cincin palladium dengan kadar 10% memiliki harga sekitar Rp. 2.900.000,-
  • Cincin palladium dengan kadar 50% memiliki harga sekitar Rp. 4.700.000,-
  • Palladium kadar 75%, memiliki harga di kisaran Rp 6.500.000,-
  • Satuan cincin palladium dengan kadar 95% memiliki harga sekitar Rp. 7.677.000,-

V&Co Jewellery juga memiliki cincin palladium, dears.

Cincin ini memiliki berat 4,5 gram untuk cincin pria dan 3,5 gram untuk cincin wanita yang dilapisi dengan rhodium sehingga membuat tampilan cincin kawin ini tampak semakin berkilau di jari kamu. Tingkat kejernihan berlian yang V&Co Jewellery gunakan berada di Vvs dimana berliannya nyaris sempurna, tanpa cacat. 

Kamu bisa memiliki cincin ini dengan harga Rp 14.960.000.00 untuk satu pasang cincin palladium.

Harga Cincin Perak

Cincin dengan bahan logam mulia perak adalah yang paling mudah ditemui di pasaran karena harganya yang paling terjangkau dan penampilannya yang putih berkilau. Logam jenis perak sangat lunak sehingga pilihan model cincin yang disediakan juga sangat bervariasi dan ringan saat dipakai.

Akan tetapi, kelemahan dari cincin berbahan perak adalah perawatannya yang harus dilakukan secara terus-menerus untuk menjaga keawetannya agar tidak mudah tergores atau pudar warnanya.

Perak adalah solusi bagi kamu yang ingin membeli cincin tunangan dengan budget terbatas namun dengan penampilan yang tak kalah menarik. Harga cincin kawin perak dijual di pasaran mulai dari Rp 100.000,00.

V&Co Jewellery juga memiliki cincin perak, dears.

Cincin ini tentunya punya tampilan mewah dan elegan dengan tatahan sepuluh berlian 0,05 karat pada sisi-sisinya dan 0,05 sampai 0,06 karat berlian pada bagian tengahnya. Lekuk-lekukkan diperbanyak pada cincin ini membuatnya tampak lebih elegan dan sensasional.

Berlian yang digunakan pada cincin ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya karena semua berlian milik V&Co Jewellery merupakan berlian berkualitas ber-grade F dengan tingkatan Vvs yang membuat berlian nyaris sempurna tanpa cacat. Kamu bisa memiliki cincin perak ini seharga Rp 6.668.000.00.

Itulah kisaran harga cincin emas, palladium, perak dan pertimbangan pilihan cincin yang bisa kamu gunakan. 

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin