Tips Sebelum Membeli Kalung Emas Berlian

Membeli Kalung emas berlian adalah salah satu jenis aksesori perhiasan yang belakangan ini menjadi tren di dunia fashion. Para selebriti dunia seperti Katie Holmes, Miranda Kerr, Jessica Alba, dan Rihanna, sering terlihat mengenakan kalung emas berlian untuk menunjang penampilannya. Hal ini dikarenakan berlian yang menghiasinya membuat kalung yang dikenakan pemakainya menjadi bertambah indah dan berkilau.

Emas merupakan standar perhiasan yang sudah cukup umum digunakan banyak orang dan tidak ada matinya. Kelangkaannya membuat logam emas sangat bernilai harganya. Sedangkan berlian merupakan salah satu batuan mineral bumi yang memiliki karakteristik yang unik sehingga mejadikannya tergolong dalam jajaran batu mulia. Emas dan berlian merupakan kombinasi yang sangat tepat untuk dijadikan sebuah perhiasan, dalam hal ini khususnya sebuah kalung.

7 Tips Membeli Kalung Emas Berlian

Anda ingin membeli kalung emas berlian? Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli kalung emas berlian yang cantik dan berharga ini. Berikut kami jabarkan 7 tips sebelum membeli kalung emas berlian untuk Anda.

1. Menentukan batas anggaran

Hal dasar yang harus Anda perhatikan sebelum membeli kalung emas berlian adalah menentukan batas anggaran anda. Anggaran ini akan menjadi acuan Anda untuk menentukan hal berikutnya, seperti jenis logam emas, model, dan karat. Jangan sampai Anda membeli kalung emas berlian melebihi batas anggaran yang sudah ditentukan sehingga akan mempersulit Anda di kemudian hari.

2. Memilih jenis logam dan komposisi kalung

Jenis logam emas sangat penting untuk diperhatikan. Emas merupakan logam langka yang berharga yang terbuat dari campuran emas murni, tembaga, zinc, dan nikel. Ada baiknya Anda menanyakan kepada penjual komposisi yang dikandung oleh kalung emas berlian yang Anda pilih. Jika Anda memiliki kulit sensitif dikarenakan alergi terhadap nikel, maka sebaiknya anda menghindari kalung yang mengandung logam jenis ini. Anda bisa memilih kalung emas berlian yang mengandung campuran palladium atau platinum.

3. Memilih model, bentuk, dan warna

Saat ini banyak sekali pilihan model dan bentuk kalung emas berlian yang dijual di pasaran. Agar tidak ketinggalan zaman, Anda bisa memilih model yang sedang trend belakangan ini. Kalung emas berlian dengan bentuk two heart sangat cocok untuk Anda dan kekasih.

Sebelum membeli kalung emas berlian, perhatikan pula warnanya. Saat ini kalung emas berlian memiliki warna jenis D, E, F, G, H, I, J, dan K. Umumnya, kalung dengan warna jenis G-H-I lebih bagus dibandingkan dengan yang lainnya karena warna yang dimiliki lebih bening. Jenis warna J dan K cenderung lebih kuning dan membuat kalung emas berlian tidak terlihat kilauannya bahkan kusam.

Baca juga:  Kalung Emas Panjang, Ini 7 Cara Mudah Memakainya, Hijabers

Kami sarankan Anda untuk menyesuaikan model, bentuk, dan warna kalung emas berlian dengan pakaian yang Anda kenakan. Mengkombinasikan panjang kalung emas berlian dengan pakaian yang tepat akan mendapatkan sentuhan hasil akhir yang bagus. Jika Anda memilih kalung emas berlian model choker maka Anda harus memilih pakaian yang memiliki area leher terbuka. Pakaian yang memiliki kerah seperti kemeja dan turtleneck tentu saja akan menutupi choker Anda. Semakin banyak area kulit yang terlihat, maka semakin menonjol pula kalung yang dikenakan. Jika pakaian yang Anda kenakan bergaya minimalis, sebaiknya hindari kalung emas berlian dengan liontin yang besar. Hal ini akan membuat penampilan anda tidak seimbang dan bahkan terkesan berlebihan.

Jika Anda ingin membeli kalung yang cocok dikenakan dengan pakaian apa saja, maka Anda dapat membeli kalung emas berlian dengan warna netral dan memiliki panjang 45 cm. Anda bisa memakai t-shirt yang sederhana atau pakaian formal lainnya tanpa takut kalung anda akan menjadi terlihat aneh.

4. Menyesuaikan dengan bentuk wajah, leher, bahu, dan tubuh

Sebelum membeli kalung emas berlian, Anda perlu menyesuaikan dengan bentuk wajah, leher, bahu, dan tubuh. Hal ini dikarenakan panjang kalung akan mempengaruhi penampilan keseluruhan Anda. Tentu Anda tidak ingin penampilan anda menjadi aneh hanya karena salah memakai kalung.  Ada baiknya Anda mengukur leher Anda terlebih dahulu jika ingin membeli kalung emas berlian.

Jika Anda memiliki leher pendek dan ingin membeli kalung emas berlian  dengan model kerah atau choker, sebaiknya Anda menambah panjang choker sebanyak 2 inci atau sekitar 5 cm – 10 cm agar terlihat pas di leher Anda. Namun kami sarankan Anda untuk menghindari model kalung seperti ini karena akan membuat siapa saja yang memakainya terlihat semakin pendek. Anda yang berleher pendek sebaiknya memilih kalung dengan panjang antara 50 cm – 60 cm. Hal ini juga berlaku jika Anda memiliki tinggi badan dibawah 162 cm atau memiliki bentuk wajah yang bulat. Jika Anda ingin memilih kalung yang memiliki rantai, pilihlah rantai yang tipis, tebal, dan berukuran minimal 45 cm. Hal ini berguna untuk memberi efek penekanan pada area tulang selangka dan payudara Anda sehingga menjauhkan kesan leher Anda yang pendek. Berlian yang terdapat pada kalung Anda juga akan semakin terlihat indah dan menjadi sorot perhatian.

Baca juga:  Cara Merawat dan Membersihkan Kalung Berlian

Bagi Anda yang memiliki leher yang panjang dan lebar, maka Anda tidak perlu khawatir dengan panjang kalung karena kalung apa saja akan cocok dikenakan di leher Anda. Namun kami sarankan Anda untuk memilih kalung emas berlian dengan panjang antara 35 sampai 45 cm. Kalung emas berlian dengan model choker dan berantai pendek sangat cocok dikenakan untuk Anda yang berleher panjang. Hal ini juga berlaku jika Anda memiliki wajah berbentuk oval atau hati. Wajah berbentuk oval atau hati dapat memakai hampir semua jenis kalung dengan panjang apa saja.

5. Menentukan kadar karat emas dan berlian

Sangat penting untuk menentukan kadar karat yang dimiliki oleh kalung emas berlian. Karat adalah satuan pengukur kemurnian emas dan berlian yang dikandungnya. Ada banyak varian karat yang dijual di pasaran, mulai dari 15 karat, 18 karat, 22 karat, hingga 24 karat. Jika anda berumur 24 tahun atau lebih muda, kami sarankan Anda untuk memilih kalung emas berlian dengan kadar dibawah 20 karat. Kadar melebihi 20 karat akan memberikan kesan berlebihan untuk Anda. Kalung emas berlian di atas 20 karat sangat cocok untuk wanita dengan umur 30 tahun ke atas, terutama jika bertubuh mungil.

Standar kadar karat yang dikandung sebuah perhiasan pada umumnya adalah 18 karat. 18 Karat mengandung 75% logam emas/berlian dan 25% sisanya adalah logam lain. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, maka kalung emas berlian 18 karat adalah yang paling ideal untuk Anda.  Emas atau berlian murni memiliki kadar 24 karat. Semakin tinggi karatnya, maka akan semakin tinggi daya tahan dan nilai jualnya. Namun, jangan lupa untuk menentukan kadar karat dengan menyesuaikan batas anggaran Anda.

6. Memastikan keaslian dan keadaan kalung emas berlian

Jangan terburu-buru membeli kalung emas berlian hanya karena modelnya yang menarik dan harganya yang murah. Anda yang ingin berinvestasi dengan perhiasan pun wajib memastikan bahwa perhiasan yang Anda beli adalah asli. Akhir-akhir ini banyak oknum yang menjual kalung emas berlian palsu dan tidak dapat dipertanggungjawabkan keasliannya. Tentu Anda tidak ingin merasa dirugikan apalagi jika Anda telah mengeluarkan uang yang cukup banyak.

Baca juga:  Perhatikan Beberapa Hal ini Sebelum Membeli Perhiasan Online

Keaslian kalung emas berlian sangat berpengaruh pada kualitas, daya tahan, dan nilai jual yang dimilikinya. Kalung emas berlian yang palsu akan mudah rusak atau pudar warnanya serta tidak akan laku dijual kembali. Anda dapat meminta penjual untuk menunjukkan sertifikat resmi keaslian kalung emas berlian jika dibutuhkan. Sertifikat berlian resmi ini menunjukkan kadar karat pada kalung, warna berlian, grade yang dimiliki oleh potongan berlian, dan masih banyak lagi.

Jangan lupa untuk memastikan kondisi kalung emas berlian yang Anda pilih. Apakah kalung emas berlian tersebut terdapat goresan, noda, ataupun sisa-sisa zat kimia. Jangan sampai Anda baru menyadarinya ketika sampai di rumah, karena barang yang sudah dibeli tidak akan bisa ditukar kembali.

7. Memperhatikan cara perawatan

Bagaimana jika kalung emas berlian Anda sedikit kusam dan tampak berkurang kilauannya? Jangan khawatir, kalung emas berlian terbilang cukup mudah dalam perawatannya. Perawatan berlian disini berguna untuk menjaga keindahannya, keutuhan warnanya, dan kebersihannya. Anda cukup menggosoknya dengan kain lembut yang telah dicelupkan air sabun atau amoniak pada permukaan kalung emas berlian yang Anda beli. Jika kalung emas berlian Anda terbuat dari emas putih, maka kami sarankan Anda untuk tidak menggosoknya terlalu keras karena rhodium yang melapisinya akan mudah rusak. Hindari membersihkan kalung emas berlian dengan tisu, karena itu akan menyebabkan goresan pada permukaannya. Anda bisa membeli paket perawatan kalung emas berlian di toko perhiasan terdekat.

Berlian merupakan batu mulia yang sulit ditemukan, sehingga Anda perlu menjaganya dengan baik. Ketika Anda tidak sedang memakai kalung emas berlian, simpanlah secara hati-hati di kotak aslinya atau tempat perhiasan khusus. Hal ini berguna untuk memastikan kalung emas berlian Anda terbebas dari gesekan benda lain yang menyebabkan permukaan tergores. Sebaiknya Anda menyisihkan perhiasan Anda ketika berenang, berolahraga, memasak, ataupun tidur. Minyak atau keringat pada kulit Anda akan membuat berlian cepat kusam.

Demikian 7 tips dari kami sebelum membeli kalung emas berlian. Semoga menjadi acuan dalam memilih kalung emas berlian yang tepat untuk Anda. Setelah Anda membeli kalung emas berlian yang Anda pilih, kami sarankan Anda untuk tetap menyimpan semua surat kelengkapan dan kwitansinya. Hal ini berguna untuk memudahkan Anda dalam menjualnya kembali ketika Anda membutuhkannya. Jadi, sudah tahu akan membeli kalung emas berlian yang mana? Tunggu apalagi, segera beli kalung emas berlian favorit Anda! Selamat berbelanja!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin