Gelang Berlian, Perhiasan yang Tepat untuk Menghadiri Berbagai Acara

Gelang Berlian, Perhiasan yang Tepat untuk Berbagai Acara

Gelang berlian merupakan perhiasan yang dilingkarkan atau dikaitkan di tangan untuk mempermanis pergelangan tangan agar tidak terlalu kosong. Penggunaan gelang bisa untuk pria maupun wanita.

Pada gelang tersebut terdapat batu berlian sesuai dengan model dan gaya dari masing-masing gelang itu sendiri. Gelang tidak hanya digunakan untuk pelengkap penampilan saja. Tetapi, dapat digunakan sebagai investasi dalam jangka waktu panjang.

Harga yang ditawarkan relatif mahal karena terdapat berlian yang mempunyai keunggulan lebih dibanding perhiasan yang lainnya. Jika kamu pecinta gelang berlian, kamu memilih pilhan yang tepat karena gelang dapat digunakan diberbagai acara formal maupun untuk sehari-hari dan memiliki banyak desainnya.

Gelang memiliki kualitas yang bagus dan bisa bertahan lama. Beragam desain mulai dari yang simple sampai eksklusif tersedia, tinggal kamu sesuaikan saja dengan seleramu. Berlian termasuk kedalam batu mulia yang tidak dapat dihancurkan, jadi bisa kamu kenakan hingga kamu lanjut usia nanti.

Sejarah Gelang Berlian

Perhiasan gelang telah ada sejak zaman peradaban manusia terbentuk. Dalam bahasa Inggris gelang disebut bracelet yang berasal dari bahasa latin, brachile yang memiliki arti “terletak di lengan”.

Secara umum gelang telah ditemukan pada zaman prasejarah namun, setiap negara memiliki sejarah penemuan gelang yang berbeda-beda. Awalnya, bentuk gelang hanyalah manik-manik yang terbuat dari batu, tetapi dapat difungsikan juga sebagai kalung.

Pada tahun 5000 SM, gelang pertama kali ditemukan terbuat dari berbagai bahan seperti, tulang, batu dan kayu. Gelang ditemukan di wilayah Mesir Kuno. Sat itu, gelang difungsikan hanya untuk kepentingan agama dan spiritual.

Kemudian, mulai ditemukan perhiasan gelang yang terbuat dari emas. Salah satu gelang yang terkenal di Mesir Kuno ialah gelang Kumbang Scarab. Kumbang Scarab memiliki simbol yang sangat penting karena mewakili kelahiran kembali atau regenerasi.

Gelang mulai berberkembang ke penjuru dunia termasuk negara Indonesia. Pada sat itu hanya keluarga dari raja, golongan bangsawan dan orang yang sangat kaya saja yang memakai perhiasan gelang.

Suku-suku tradisional di Indonesia yang mulai memakai perhiasan gelang ialah suku Nias, suku Batak dan suku Dayak. Mereka memakainya sebagai penanda status sosial dan yang memakainya hanyalah kepala suku.

Gelang untuk Mahar Pernikahan

Gelang tidak hanya dipakai untuk menunjang penampilan seseorang saja, namun gelang juga bisa digunakan sebagai mahar pernikahan kamu nanti. Ada beberapa mitos dan fakta mengenai gelang yang dijadikan mahar. Makna gelang ini pun bisa kamu pertimbangkan jika ingin memilih gelang sebagai maharmu nanti.

1. Simbol Keabadian

Gelang dipercaya oleh beberapa pasangan calon pengantin bisa menjadi simbol keabadian yang tak lekang oleh waktu. Dari segi bentuk, sebagian juga percaya bahwa gelang yang akan dijadikan mahar, sebaiknya berbentuk melingkar tanpa ada putus. Bentuk ini sendiri merupakan simbol harapan akan kehidupan yang selalu lancar dan mulus sampai akhir hayat.

2. Pembawa Keberuntungan dan Kemakmuran

Populernya gelang dijadikan mahar dengan harapan mahar tersebut akan menjadi simbol pembawa keberuntungan dan kemakmuran. Sebagian orang membeli gelang dengan karat dan berat yang sama dengan tanggal pernikahan mereka. Hal ini dipercaya membawa keberuntungan dan kemakmuran terhadap pernikahan calon pengantin.

3. Memberi Perlindungan

Pada zaman Mesir Kuno, perhiasan emas dipercaya dapat memberikan perlindungan dari berbagai bentuk sihir dan kekuatan jahat. Simbol perlindungan ini juga melekat dalam budaya tidak hanya dalam pemberian mahar melainkan juga dalam perhiasan pengantin yang bersanding di pelaminan.

Perhiasan mahar lain berupa perhiasan emas permata, termasuk berlian diharapkan menjadi bekal perlindungan bagi keduanya menuju kehidupan baru setelah menikah. Sat upacara pernikahan, perhiasan yang kamu kenakan tidak hanya sebagai hiasan, tetapi juga sebagai simbol perlindungan.

4. Ikatan Spiritual

Sebagian budaya percaya ikatan pernikahan ditandai dengan gelang yang dipasangkan di pergerlangan tangan karena di pergelangan tangan terletak titik nadi yang terhubung langsung ke jantung sebagai pusat jiwa seseorang.

Penyematan gelang pemberian pria kepada wanita menjadi simbol ikatan spiritual keduanya. Ikatan ini perlu disimbolkan dengan sesuatu yang bernilai berharga seperti emas dan berlian. Karena itu, gelang popular dipilih menjadi simbol perikatan dalam pernikahan.

Gelang Berlian untuk Wanita

Bagi kaum wanita, gelang merupakan salah satu perhiasan yang banyak digemari dan diburu. Sat ini, sudah banyak model gelang berlian yang bisa menjadi referensi, kamu juga bisa costum gelangmu sesuai dengan selera dan budget.

Bagi kamu yang suka berpergian ke acara formal, kamu bisa mencari gelang -dengan desain yang mewah karena menambahkan kesan glamour dan elegan pada penampilanmu. Namun, jika kamu ingin memakai gelang untuk sehari-hari kamu dapat memilih desain yang simple dan tipis agar tidak terlalu berlebihan.

Model gelang berlian pada wanita biasanya lebih kecil daripada gelang untuk pria, karena ukuran pergelangan wanita lebih kecil dibanding dengan pria. Walau begitu, model gelang untuk wanita cukup beragam. Mulai dari desain minimalis hingga gelang dengan ukuran lebar dan bertabur berlian.

Gelang Berlian untuk Pria

Walau popularitas gelang berlian untuk pria tidak sebanyak wanita, tetapi gelang untuk pria menjadi daya tarik tersendiri bagi pria yang memperhatikan penampilannya dan mencintai fashion.

Karena gaya pria berbeda dengan wanita, maka desain pada gelang pun berbeda dari gelang yang diperuntukkan untuk wanita. Biasnya, gelang untuk pria berukuran lebih besar dan desain berlian yang tentunya lebih macho.

Gelang pada pria biasanya dipadukan dengan emas putih, sehingga menghasilkan kombinasi yang membuat pria terlihat maskulin. Selain itu, biasanya desain gelang untuk pria berbentuk seperti rantai, karena itu warna emas putih sangat serasi dengan warna berlian yang juga putih pula.

Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika pria menggunakan gelang yang dipadukan dengan emas kuning, paduan ini akan membuat pria menjadi glamour tetapi tidak menghilangkan sifat macho-nya. Emas kuning biasanya cocok untuk pria dengan kulit sawo matang.

Tren Gelang Berlian 2020

Di tahun ini, gelang berlian menjadi perhiasan yang banyak dicari oleh kaum wanita. Desain yang banyak dicari tahun ini ialah desain yang simple dan berkesan elegan. Berikut beberapa model gelang berlian simple di 2020 yang bisa menjadi referensimu:

1. Gelang Berlian DB000165

Gelang dengan kode DB000165 milik V&Co Jewellery ini memiliki desain yang simple namun elegan dan bertabur berlian 40 pcs dengan 0,50 karat. Memiliki lapisan rodhium yang membuat gelang memiliki sifat anti korosi dan tahan lama. Perpaduan doff & glossy pada gelang ini membuat tampilannya semakin elegan.

2. Gelang Berlian DB000135

Gelang dengan perpaduan white gold, yellow gold dan rose gold ini menjadi sempurna dan tampak manis jika kamu menggunakannya. Gelang dengan kode DB000135 ini memiliki berat 9,6 gram. Terdapat berlian sebesar 0,18 karat. Gelang ini cocok jika kamu ingin menggunakan untuk acara formal.

3. Gelang Berlian DB000144

Gelang dengan kode DB000144 terdapat taburan berlian sebanyak 18 pcs dengan karat sebesar 1,26 karat. Finishing doff dan glossy membuat gelang ini terlihat mewah dan elegan dengan kilauan baik berlian maupun logam dari gelang itu sendiri. Terdapat lapisan rodhium yang membuat gelang ini tampak putih dan anggun.

4. Gelang Berlian DB000161

Gelang dengan desain yang simple namun berkesan mewah ini cocok untuk kamu yang ingin memiliki gelang untuk acara formal.

Namun, tidak menutup kemungkinan juga jika gelang ini dipakai untuk sehari-hari. Gelang kode DB000161 milik V&Co Jewellery ini terdapat taburan berlian sebanyak 80 pcs pada dua sisi, yang satu 0,23 karat dan 0,50 karat pada center.

5. Gelang Berlian DB000162

Gelang Berlian, Perhiasan yang Tepat untuk Menghadiri Berbagai Acara

Gelang dengan desain simple dan terdapat ornament bunga ini sangat manis jika kamu mengenakannya. Terdapat 30 pcs berlian dengan 0,32 karat membuat gelang ini menjadi mewah dan elegan.

Gelang dengan kode DB000162 ini memiliki lapisan rhodium yang  memiliki sifat anti korosi dan tahan lama.

6. Gelang Berlian DB000119

Gelang dengan kode DB000119 ini memiliki desain yang unik namun berkesan elegan. Bagian tengah pada gelang ini berbentuk bunga yang membuat gelang terlihat manis saat dipakai.

Di sisi gelang terdapat 24 pcs butiran berlian dengan 0,56 karat dan pada center terdapat 1 pcs berlian dengan 0,25 karat. Cocok jika kamu ingin memakainya pada acara formal.

Cara Merawat Gelang Berlian

Gelang Berlian, Perhiasan yang Tepat untuk Menghadiri Berbagai Acara

Memiliki perhiasan berlian harus dirawat dengan baik, jangan sampai kamu membiarkan begitu lama dan tidak pernah membersihkannya, ya. Berikut cara merawat gelang berlian yang baik dan benar:

1. Perhatikan cara membersihkan yang benar

Untuk membersihkan gelang berlian, kamu cukup menyiapkan satu bahan yaitu anomia. Caranya dengan mencampurkan anomia dan air dengan perbandingan 1:6. Kemudian, rendam gelang ke dalam campuran tersebut dan diamkan selama 10 hinggan 20 menit.

Jika sudah selesai, kamu harus menyikat seluruh permukaan gelang dengan sikat gigi yang lembut lalu bilang menggunakan lap kain yang lembut.

2. Perhatikan Hal yang Harus Dihindari Saat Proses Pembersihan

Ada beberapa hal yang hares kamu hindari saat membersihkan gelang, salah satunya jangan menggunakan pembersih ultrasonic. Pembersih ultrasonic dapat merusak perhiasanmu dan membuatnya menjadi longgar sehingga rentan terlepas dari rangkanya.

Selain itu, jika kamu sedang menggunakan lotion atau krim di tanganmu, sebaiknya lepaskan dahulu gelangmu karena produk kimia yang terdapat pada lotion atau krim dapat memudarkan gelangmu.

3. Hal yang Tidak Boleh Digunakan

Selain mencucinya dengan benar, ada beberpa hal lain yang haru kamu perhatikan saat merawat gelang, yaitu memperhatikan penggunaannya. Pastikan kamu tidak menggunakan berlianmu saat melakukan aktivitas yang berhubungan dengan zat kimia dan minyak.

Jauhkan juga gelangmu dengan cairan pemutih dan cairan pembersih ketika melakukan aktivitas rumah tangga. Semua bahan tersebut dapat merusak gelang berlian mu.

Cara Mengetahui Gelang Berlian Asli atau Palsu

Jika kamu ingin membeli gelang berlian, pastikan gelang yang kamu beli itu asli. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan gelang asli dan palsu agar tidak kena tipu oleh pedagang perhiasan “nakal”.

Gelang dengan Berlian Asli

Dilihat dari bentuknya, gelang asli memiliki bentuk yang kuat dan tidak mudah bengkok apalagi patah. Selain itu, batu berlian akan terlihat berkilau indah dan memancarkan warna warni yang tampak begitu mewah.

Berlian merupakan batu mulia yang paling keras di permukaan bumi. Salah satu cara untuk mengetahui apakah berlian tersebut asli adalah dengan menggoreskannya ke benda lain. Contohnya ke kaca, apabila kaca tersebut terdapat goresan dan berliannya masih utuh, maka dapat dipastikan bahwa berlian tersebut asli.

Selain itu pada gelang dengan berlian asli, biasanya jika kamu membelinya di toko perhiasan yang terpercaya, kamu akan mendapatkan sertifikat jual beli gelangmu. nantinya, sertifikat tersebut dapat kamu gunakan saat kamu ingin menjual kembali gelangmu.

Gelang dengan Berlian Palsu

Kaca merupakan salah satu bahan untuk menciptakan berlian tiruan. Kaca memiliki sifat yang sangat bertolak belakang dengan berlian, karena itu ada cara yang sangat mudah untuk membedakannya.

Berlian yang asli tidak dapat mereflesikan sesuatu secara jelas, sedangkan pada kaca dapat memreflesikan hal-hal yang ada di depannya. Hasilnya pada berlian asli mencerminkan sesuatu yang buram dibanding dengan berlian palsu.

Selanjutnya ada sifat cantik yang hanya terdapat pada batu berlian, yang bahkan tidak dimiliki batu mulia lainnya. Berlian yang asli dapat mereflesikan cahaya dari setiap sisi yang dimilikinya, itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa berlian dapat terlihat dapat berkilauan di bawah cahaya manapun.

Kemudian cara lain yang dapat membedakan berlian palsu dan asli yaitu dengan memasukan gelang tersebut ke dalam air. Berlian yang asli memiliki sifat yang kokoh, sehingga berat dari gelang tersebut juga tidak ringan.

Ketika di masukan ke dalam air, maka gelang berlian asli akan langsung tenggelam ke dasar air. Sedangkan pada berlian yang palsu, yang biasanya terdapat dari material yang ringan dan harga yang murah, akan terlihat mengapung di atas permukaan air saja.

Beberapa berlian palsu bisa saja tenggelam sampai dasar air tetapi, kecepatan tenggelamnya tidak akan secepat seperti gelang berlian asli.

Dari ulasan diatas, kamu dapat menyimpulkan poin mana yang bisa kamu terapkan dalam kehidupanmu. Bagi kamu yang baru ingin membeli gelang kamu dapat melihat tren gelang berlian 2020 di atas dan dijadikan referensi dan pastikan kamu mengetahui ciri-ciri berlian asli dan palsu.

Jika kamu yang sudah memiliki gelang berlian dan belum paham cara merawatnya, kamu sekarang sudah tau bagaimana cara merawat gelang yang baik dan benar, kan? Kamu dapat terapkan sendiri di rumah dengan budget yang minimalis.

Pastikan juga kamu memilih toko perhiasan yang terpercaya dan mendapatkan sertifikat jika sudah membeli perhiasan berlian ya. Untuk pria, jika kamuingin memakai gelang kamu bisa memakainya dengan model yang didesain khusus pria dan berkesan macho. Kamu dapat menggunakannya untuk acara formal ataupun sehari-hari.

Terakhir, sebaiknya kamu mencari gelang yang sesuai dengan selera dan matching dengan penampilan mu ya, jangan lupa sesuaikan juga dengan budget-mu! Kamu dapat menemukan banyak model gelang berlian di V&Co Jewellery.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.