Tips Mencari Anting Emas Asli yang Perlu Diperhatikan

Apakah kamu yakin telah membeli anting emas asli atau masih ragu, jangan-jangan anting emas yang baru kamu beli tidak asli? Mengetahui keaslian emas memang menjadi sebuah skill yang tidak ternilai lagi harganya.

Bagaimana tidak, di era yang sudah modern seperti sekarang ini, teknologi untuk memalsukan emas pun sudah semakin canggih sehingga kita pun harus lebih waspada sebelum memutuskan untuk membeli perhiasan dari emas. Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui emas yang sudah atau akan kita beli, lho!

Baiklah, daripada berlama-lama, langsung saja kita ulas satu per satu kiat dalam mencari emas asli yang perlu diperhatikan agar kita tidak salah beli!

1. Menguji Keaslian Anting Emas dari Warnanya

Anting emas asli tentunya menggunakan emas sebagai bahan baku utamanya dan bukan sekadar anting dari logam lain yang kemudian disepuh dengan emas agar tampak seperti asli. Oleh karena itu, anting yang terbuat dari emas asli akan memiliki warna yang konstan dan tidak berubah, berbeda dengan anting emas yang palsu atau hanya merupakan anting emas sepuhan. Cara paling mudah untuk mengetahui apakah anting emas yang kamu miliki maupun yang ingin kamu beli adalah dengan memeriksa apakah warnanya akan berubah meski digosok dengan jari. Jika warna anting berubah setelah kamu gosok, besar kemungkinan anting tersebut tidak terbuat dari emas asli.

Sebelum menggosok anting emas untuk menentukan keaslian kandungan emas yang dimilikinya, kamu bisa bertanya dulu kepada penjualnya apa bahan yang digunakan untuk membuat anting tersebut. Jika penjualnya sudah jujur sejak awal dengan mengatakan bahwa emas yang digunakan adalah emas sepuhan, kamu tidak perlu menggosoknya lagi karena akan membuat sepuhan emas mungkin terlepas dan anting tersebut pun rusak. Lakukan cara ini hanya jika penjual yang akan melakukan transaksi denganmu benar-benar yakin bahwa barang dagangan yang ia jual merupakan anting emas asli, ya!

2. Mempertimbangkan Anting Emas Asli dari Beratnya

Emas merupakan jenis logam mulia yang unik. Logam yang satu ini tergolong sebagai jenis logam yang lunak dan mudah dibentuk, tetapi memiliki massa jenis yang cukup berat. Oleh karena itu anting emas asli memiliki bobot yang cukup berat jika dibandingkan dengan anting yang terbuat dari beberapa jenis logam lainnya. Akan tetapi, memeriksa berat emas dan menentukan nilainya mungkin bukan pekerjaan yang mudah bagi orang awam yang tidak terbiasa melakukan kegiatan ini. Oleh karena itu, ada baiknya kamu membawa seseorang yang memang sudah ahli dan terbiasa menafsir berat emas untuk mendapatkan penilaian yang lebih tepat untuk anting emas yang akan kamu beli.

Baca juga:  Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilihkan Anting Emas untuk Anak

Oh, iya! Karena sifat emas yang tergolong lunak, kamu bisa menilai anting emas asli dengan mencoba menggigitnya. Anting emas tersebut terbilang asli dan memiliki kandungan emas 24 karat jika terasa sedikit lunak ketika digigit. Namun, bukan berarti anting yang terasa keras ketika digigit adalah anting emas palsu, ya! Karena sifatnya yang sangat lunak dan mudah dibentuk, terkadang emas juga dicampur dengan jenis logam lainnya agar ketika dijadikan perhiasan seperti anting atau kalung, bentuknya tidak berubah-ubah lagi. Cara ini hanya bisa dilakukan pada anting yang terbuat dari emas 24 karat karena angkat 24 karat pada emas tersebut menunjukkan bahwa perhiasan itu dibuat dengan kandungan emas murni sekitar 99,01%-99,99% dari keseluruhan logam yang digunakan.

3. Menggunakan Alat Bantu Seperti Magnet

Magnet sudah sejak dahulu digunakan untuk melihat apakah sebuah anting emas memang asli atau tidak. Caranya sebenarnya cukup mudah, kamu cukup mendekatkan perhiasan emas yang kamu miliki atau yang akan kamu beli pada magnet dengan daya yang cukup kuat. Anting emas yang asli tentu akan mudah tertarik ke arah magnet tersebut karena emas merupakan jenis logam yang terpengaruh oleh medan magnet. Sebaliknya, jika kandungan emas pada anting tersebut palsu atau jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan logam lain yang digunakan untuk membuat perhiasan, anting tidak akan dengan mudah tertarik ke arah magnet.

Cara yang satu ini bisa dibilang cukup mudah dan aman karena tidak akan merusak perhiasan terlepas terbukti apakah anting emas itu asli atau tidak. Jadi, meskipun anting emas tersebut ternyata palsu, warna, bentuk, dan karakteristiknya tidak akan berubah sehingga kamu tidak perlu menghadapi masalah dengan penjual yang menjajakan anting emas tersebut, bukan? Meski demikian, cara ini juga sebenarnya tidak terlalu akurat karena beberapa perhiasan juga dibuat dengan mencampurkan logam lain yang mungkin juga terpengaruh oleh medan magnet. Namun, jika memang anting yang sedang kamu uji sama sekali tidak bergerak meski sudah didekatkan pada magnet, sudah hampir bisa dipastikan bahwa anting tersebut tidak memiliki kandungan emas sama sekali, karena jika ada kandungan emasnya, meski hanya sedikit, hasilnya tentu akan berbeda.

Baca juga:  Harga Cincin Emas V&Co Jewellery Tidak Menguras Kantong, Lho!

4. Melakukan Pengujian Asam Nitrat

Karena emas juga merupakan elemen kimia, tentunya ia akan memberikan reaksi jika dihadapkan pada unsur kimia lainnya. Dalam hal ini, asam nitrat atau nitric acid merupakan unsur kimia yang dimaksud untuk menguji anting emas asli yang kamu miliki. Jika anting emas yang kamu miliki memang benar-benar asli, tidak akan muncul reaksi khusus apa pun ketika kamu menetesinya dengan asam nitrat karena asam yang satu ini memang bersifat netral terhadap emas. Sebaliknya, jika ternyata anting yang kamu miliki sebenarnya terbuat dari logam lain, tetapi dijual sebagai anting emas, warnanya akan berubah ketika ditetesi dengan asam nitrat karena asam nitrat memang memiliki reaksi tertentu ketika mengalami kontak terbuka dengan beberapa jenis logam lainnya.

Jika kamu ingin melakukan pengujian asam nitrat ini, pastikan kamu didampingi oleh orang yang benar-benar mengerti tentang pengujian dengan bahan kimia. Selain untuk menjaga agar kamu tetap aman, orang yang sudah ahli dalam menangani asam nitrat juga dapat menjaga agar perhiasan yang akan kamu uji tidak mengalami kerusakan yang akan merugikanmu. Jika kamu ingin melakukan pengujian yang lebih aman, kamu bisa menggunakan keramik atau kertas biasa, kok! Sama seperti dengan asam nitrat, anting emas yang asli tidak akan menunjukkan reaksi apa pun ketika digosokkan pada keramik atau kertas. Sebaliknya, jika muncul warna hitam ketika kamu menggosokkan antingmu pada keramik atau kertas, kamu perlu waspada karena besar kemungkinan anting tersebut tidak terbuat dari emas murni. Bisa jadi anting yang kamu miliki sebenarnya terbuat dari kuningan yang memang memiliki beberapa karakterik yang serupa dengan emas, tetapi dengan nilai yang jauh di bawahnya.

Baca juga:  5 Tips dalam Mencari Anting Emas yang Lucu dan Menarik

5. Hanya Membeli dari Toko Emas Tepercaya

Emas yang dikeluarkan oleh PT Antam, perusahaan tambang resmi yang menjadi badan usaha milik negara, selalu disertai dengan surat yang menyatakan bahwa emas tersebut memang asli. Sama seperti itu, toko emas dan perhiasan yang kredibel juga tidak akan keberatan untuk memberikan sertifikat yang bisa menjamin anting emas asli yang ingin kamu beli. Dengan demikian, kamu tidak perlu lagi melakukan pengujian-pengujian yang mungkin dapat merusak perhiasan yang kamu miliki atau tidak begitu akurat jika tidak dilakukan oleh orang yang memang sudah terbiasa melakukan pengujian-pengujian tersebut secara profesional. Carilah toko emas atau perhiasan yang memang sudah berdiri sejak lama, atau setidaknya memiliki banyak ulasan yang positif, baik di internet maupun secara langsung dari orang-orang yang memang pernah berbelanja di toko tersebut. Semakin besar nama yang dimiliki oleh suatu toko emas atau perhiasan, tentu akan semakin besar pula upaya yang dikeluarkan oleh toko emas tersebut untuk menjaga reputasinya.

Selain bisa merasa lebih yakin saat melakukan transaksi di toko emas yang sudah terpercaya, seperti V&Co Jewellery membeli anting emas asli di toko-toko semacam itu juga memiliki keuntungan lain. Beberapa toko emas yang kredibel dengan reputasi yang baik umumnya juga menyediakan alat pengujian keaslian emas. Alat yang satu ini tergolong cukup mahal, sehingga daripada kamu harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli sendiri, tidak ada salahnya memanfaatkan alat yang dimiliki oleh toko emas tersebut. Ditambah dengan sertifikat keaslian, asuransi, atau garansi yang mungkin juga ditawarkan olehnya, tentunya kamu juga bisa lebih lega dan terbebas dari kekhawatiran saat membeli anting emasmu di toko tersebut.

Nah, lima kiat di atas bisa kamu gunakan untuk memastikan apakah anting emas milikmu asli atau tidak, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi saat ingin membeli anting emas untuk menambah koleksi perhiasan yang kamu miliki. Jadikan ulasan kiat-kiat di atas sebagai panduan saat hendak membeli anting emas, atau bisa juga kamu lakukan untuk menguji perhiasan emas yang kamu miliki di rumah. Namun, pastikan kamu selalu ditemani oleh mereka yang sudah profesional di bidangnya sebelum melakukan pengujian, ya! Selain untuk memastikan nilai sesungguhnya dari perhiasan yang kamu miliki, melakukan pengujian bersama orang yang memang sudah andal dan terbiasa melakukan pengujian juga dapat memastikan keamanan perhiasan serta dirimu sendiri. Selamat mencoba!

Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin