Ingin Membeli Cincin Berlian Asli

Ingin Membeli Cincin Berlian Asli? Cari Tahu Bagaimana Membedakannya!

Memiliki cincin berlian asli adalah idaman para wanita. Cincin memang merupakan satu dari empat jenis perhiasan paling populer diantaranya gelang, liontin dan anting. Sementara memakai jenis perhiasan favorit, penampilan para wanita akan semakin sempurna bila perhiasan tersebut diberikan batu permata yang eksklusif dan glamor yang tidak lain adalah berlian.

Harga berlian memang tidak bisa dikatakan murah, itulah sebabnya berlian memiliki eksklusifitas yang sangat istimewa. Berlian dengan satu Carat-nya bisa mencapai harga hingga puluhan juta rupiah. Oleh karena itu, banyak toko perhiasan yang mensiasatinya dengan membuat batu berlian replika yang harganya sangat jauh lebih murah.

Batu kristal pengganti berlian tersebut dinamakan Zircon. Sebenarnnya tidak ada salahnya apabila kamu memang memilih batu zircon untuk menghemat budget perhiasanmu. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagi wanita yang ingin memiliki cincin berlian asli, kemudian bertemu pihak nakal yang memberikan cincin dengan batu zircon dan membohongi kamu dengan mengatakan bahwa itu adalah berlian.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini, kamu perlu mengetahui karakteristik bagaimana keaslian berlian itu. Setidaknya ada 10 ciri-ciri berlian asli yang bisa kamu jadikan pedoman agar kamu tidak mudah dibohongi oleh oknum nakal.

Mengetahui ciri-ciri berlian asli

  1. Berlian tidak mudah retak

    Tingkat kekerasan berlian mencapai 10Mohs, ini mengartikan bahwa berlian adalah batu permata yang sangat kuat dan tidak mudah retak apalagi hancur. Saat kamu memilih cincin dengan berlian asli, pastikan kamu memperhatikan berlian tersebut apakah ada tanda-tanda retak atau tidak. Bila terlihat memiliki keretakan, bisa dipastikan itu bukanlah berlian asli.

  2. Berlian tidak mudah tergores

    Berlian adalah batu yang sangat keras dan kuat, pastinya berlian tidak akan mudah tergores oleh benda apapun. Bahkan kebalikannya, berlian mampu menggores benda-benda lain. Untuk memastikan keaslian berlian pada perhiasan yang akan kamu beli, tidak ada salahnya meminta kepada toko perhiasan untuk menggoreskan berliian tersebut di kaca. Jika kaca tersebut tergores, maka bisa dikatakan bahwa berlian itu asli. Namun sebaliknya, bila berlian yang tergores, maka itu bukanlah berlian asli.

  3. Berlian tidak hanya berwarna putih transparan

    Bila kamu mengunjungi toko perhiasan berlian dan menemukan cincin atau liontin dengan berlian berwarna biru, kuning, hitam hingga merah, jangan dulu berfikir bahwa itu semua adalah berlian palsu. Nyatanya memang berlian memiliki warna-warna lain selain putih.

    Diantara semua warna berlian yang disebutkan di atas, berlian berwarna merah adalah yang paling langka dan paling mahal harganya. Jadi, bila oknum toko perhiasan menawarkan cincin dengan berlian berwarna merah yang harganya lebih murah dari berlian putih, bisa dipastikan itu bukanlah cincin berlian asli ya, dears!

  4. Berlian dapat memantulkan cahaya

    Kenapa para wanita sangat menyukai berlian? Berlian dikenal sebagai batu permata yang sangat berkilau. Hal ini disebabkan batu berlian dapat merefleksikan cahaya dari setiap sudut batu permata itu dibentuk. Dengan memakai cincin berlian asli, kilauan jari manismu akan memancarkan cahaya dari semua sisi.

    Tidak seperti kamu memakai cincin dengan batu kristal atau zircon yang pantulan cahayanya hanya berasal dari satu sisi atasnya saja. Perlu kamu ketahui pula, refleksi cahaya yang diberikan berlian asli hanyalah dalam satu warna. Apabila kamu menemukan batu permata yang memantulkan cahaya dalam banyak warna, bisa dipastikan itu bukanlah berlian asli.

  5. Pencerminan berlian tidak jelas

    Kalau kamu ingin membeli cincin berlian solitaire yang memiliki ukuran berlian cukup besar. Kamu perlu memperhatikan seputar keaslian berlian lebih detail lagi. Salah satu cara yang juga efektif dalam menentukan keaslian berlian adalah dengan melihat benda apapun melalui berlian. Hal ini tentunya bisa dilakukan apabila kamu memilih berlian yang ukurannya cukup besar.

    Misalnya, kamu menulis sebuah kertas bertuliskan apa saja, kemudian kamu membaca tulisan tersebut di balik berlian yang akan kamu pilih. Bila kamu bisa membaca dengan jelas tulisan tersebut, maka dipastikan itu bukanlah berlian asli. Dikhawatirkan itu adalah sebuah kaca biasa yang dibentuk seolah-oleh berlian.

    Berlian asli, strukturnya sangat tebal dan agak tidak beraturan sehingga kamu tidak akan bisa melihat benda dibalik berlian secara jelas.

  6. Berlian tidak bisa berkabut

    Ada satu lagi cara mudah dalam mengenali cincin berlian asli atau tidak. Yaitu dengan menghembuskan nafas kepada berlian tersebut. Jika kabut yang kamu hembuskan dengan cepat hilang dari berlian tersebut, maka dipastikan itu adalah berlian asli. namun jika kabutnya masih ada dalam beberapa saat, kamu perlu berhati-hati karena bisa dipastikan itu bukanlah berlian asli.

    Tes kabut bisa dilakukan untuk berlian dikarenakan berlian memiliki sifat penghantar panas. Jadi, bila kamu mengehembuskan nafas maka berlian akan segera membawa uap tersebut ke sekitarnya.

  7. Berlian tidak bisa panas

    Karena berlian memiliki sifat penghantar panas, maka kamu tidak akan bisa merasakan rasa hangat atau panas di tubuh berlian tersebut. Berlian akan segera bereaksi apabila mendapati udara atau zat panas lain yang mendatanginya.

  8. Berlian tidak mengapung di air

    Bila kamu masih tidak bisa menggunakan cara-cara di atas untuk mengetahui keaslian berlian, masih ada cara mudah untuk mengetahuinya, yaitu dengan memasukan berlian di gelas berisi air. Namun, pastikan hanya berlian saja ya, tidak dengan cincinnya.

    Bila berlian tersebut mengapung di air, dipastikan itu bukanlah berlian asli atau berlian yang sudah dicampur dengan material lain. Berlian yang asli memiliki massa yang sangat kuat sehingga tidak akan mengapung di air.

  9. Berlian tidak hancur saat dipanaskan

    Apakah kamu sudah terlanjur memiliki berlian di rumah? Kamu bisa mencoba cara ini untuk menguji keaslian berlian yang ada pada cincinmu. Yaitu dengan memanaskan berlian kurang lebih selama 40 detik kemudian memasukannya ke dalam air. Bila berlian tersebut retak atau hancur, makan itu adalah berlian palsu.

    Pastikan kamu memvideokan prosesnya agar bisa dikomplain ke toko tempat kamu membeli ya!

  10. Melihat sertifikat berlian

    Ini adalah langkah paling mudah dan simple dalam membeli cincin berlian asli. Yaitu membeli perhiasan dengan berlian yang memiliki sertifikat. Ada banyak lembaga terpercaya yang memberikan sertifikasi keaslian berlian seperti GIA (Gemological Institute of America), HRD ( Hoge Raad voor Diamant), EGL (European Gemological Laboratory), IGI (International Gemological Institute) dan AGS (American Gem Society).

Itulah cara mudah untuk mendapatkan cincin berlian asli. Satu hal yang tak boleh luput sebelum kamu membeli perhiasan berlian apapun, pastikan kamu memilih toko perhiasan yang memang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Dengan begitu, kamu akan tetap tenang membelinya meskipun tidak melakukan hal-hal di atas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.