10 Hal Yang Harus Diperhatikan saat Membeli Kalung Emas Online

10 Hal Yang Harus Diperhatikan saat Membeli Kalung Emas Online

Membeli kalung emas online pasti terasa sangat menyenangkan, ya. Kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mendatangi toko perhiasan yang jaraknya cukup jauh dari tempat tinggalmu. Membeli kalung emas secara offline dirasa sangat mengeluarkan banyak tenaga. Kamu terpaksa harus rela mondar-mandir dari satu tempat ke tempat lain hanya untuk memilih model mana yang cocok dengan seleramu. Belum lagi jika nanti disana kamu harus menanyakan satu persatu harga kalung yang ditampilkan di etalase produk.  Ah, ribet pokoknya!

Dengan membeli kalung emas secara online, semua halangan tersebut dapat diatasi. Kamu tidak perlu membuang-buang waktu dan tenaga hanya untuk mendapatkan kalung emas idaman. Selain itu, model yang disediakan juga sangat bervariasi dan kamu hanya perlu mencarinya dengan men-scroll layar ponselmu. Sangat mudah, bukan?

Dengan semua kemudahan yang ditawarkan oleh sistem pembelian kalung emas secara online, namun kamu juga perlu hati-hati. Hal ini dikarenakan banyak sekali penipuan yang mengatasnamakan toko/perusahaan tertentu yang menjual kalung emas dengan iming-iming diskon. Pembeli yang kurang teliti dan kurang waspada biasanya akan terjebak dengan penipuan semacam ini. Kalung emas yang diinginkan tidak didapatkan, dan uang yang sudah terlanjur ditransfer tidak akan dikembalikan. Tentu kamu tidak ingin mengalami kerugian seperti ini, bukan?

Salah satu tips aman dalam membeli kalung emas secara online adalah dengan memperhatikan beberapa hal yang dianggap sangat krusial. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut kami jabarkan semuanya untuk kamu.

1. Reputasi dari toko perhiasan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah reputasi dari toko perhiasan yang menjadi tempat kamu membeli kalung emas secara online. Toko online yang berkualitas ditandai dari situs website yang bonafit. Hindari membeli kalung emas dari situs yang memiliki domain blogspot atau wordpress, karena situs seperti ini biasanya tidak dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sebaiknya, belilah kalung emas di toko online yang memiliki domain .com atau .co.id karena domain seperti ini lebih dapat dipercaya karena memiliki kredibilitas yang tinggi.

Selain website, kamu bisa membeli kalung emas secara online lewat marketplace seperti tokopedia, shopee, dan bukalapak. Jika kamu membeli kalung emas lewat marketplace, perhatikan reputasi toko online tersebut. Reputasi yang baik bisa dilihat dari jumlah bintang yang dimiliki, berapa jumlah item yang sudah terjual, dan bagaimana feedback/ulasan dari kalung emas yang dijual. Jika kamu menemukan ketiga hal ini cukup buruk, maka segeralah mencari toko online yang lain.

Kamu juga bisa membeli kalung emas lewat media sosial seperti instagram. Instagram adalah salah satu media sosial yang paling populer saat ini, khususnya di bidang bisnis. Kamu bisa melihat lebih banyak foto kalung emas yang dijual lewat postingan akun toko online tersebut. Jika kamu ingin melihat atau membeli kalung emas lewat instagram, kamu perlu memperhatikan hal-hal yang menentukan apakah toko online tersebut terpercaya atau tidak. Hal-hal ini berupa  jumlah followers yang dimiliki akun tersebut, testimoni, dan sudah berapa lama akun tersebut berdiri. Toko online yang bonafit biasanya akan menampilkan sebanyak mungkin testimoni yang didapatkan, demi meraih kepercayaan dan menarik pelanggan. Mereka akan membuat highlight tersendiri yang berisi kumpulan testimoni dari para pembelinya.

2. Review/feedback dari pembeli

Dalam membeli kalung emas secara online, kamu juga wajib melihat feedback dari para pembeli yang sudah pengalaman membeli kalung emas tersebut. Kamu bisa memeriksa kolom feedback yang tersedia atau ulasan terhadap toko online tersebut di bagian bawah website atau marketplace yang kamu kunjungi.

Lihatlah apakah isi testimoni-nya positif atau justru negatif. Jika banyak terjadi kesalahan pesanan yang tidak sesuai foto atau kondisi yang cacat, maka segera tinggalkan toko online tersebut dan carilah toko perhiasan online yang lain.

3. Harga kalung emas di pasaran

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam membeli kalung emas secara online adalah harga. Harga umum di pasaran dinilai sangat penting karena akan menentukan kualitas dari kalung emas tersebut. Kalung emas merupakan barang yang bernilai tinggi. Banyak orang rela mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk mendapatkan kalung emas asli yang berkualitas. Memburu diskon atau promo boleh-boleh saja, namun jika harga tersebut terlalu miring maka kamu perlu waspada. Jangan cepat tergiur dengan harga yang terlalu murah, apalagi jika ada pihak penjual yang mengatakan bahwa promo hanya berlaku hari ini. Para pembeli yang gegabah biasanya akan cepat-cepat melakukan transaksi sehingga tertipu dengan hal semacam ini.

Toko online yang menjual kalung emas berkualitas biasanya tidak akan mau menjual harga terlalu rendah karena hal tersebut sudah pasti akan merugikan mereka. Justru banyak toko online yang berani menjual kalung emas dengan harga tinggi karena kualitas emas yang dimilikinya, apalagi jika kalung tersebut bertabur berlian dan permata.

Sebaliknya, oknum yang berniat buruk akan menyiasati para mangsanya dengan iming-iming harga miring agar menarik pembeli. Untuk menghindari hal semacam ini, kamu perlu survei harga di internet atau menanyakan kepada teman/kerabat yang memang pernah membeli kalung emas serupa. Jika harganya tidak beda jauh, maka kamu dapat membelinya. Namun, jika harganya ternyata terlalu miring, maka sebaiknya hindari membeli kalung emas di toko tersebut.

4. Jaminan keaslian kalung emas

Salah satu tanda bahwa kalung emas online yang kamu beli berkualitas adalah dengan memeriksa jaminan keaslian emas tersebut. Toko perhiasan online yang memiliki reputasi tinggi biasanya pasti berani menampilkan sertifikat garansi keaslian emas demi meraih kepercayaan dan kepuasan pelanggannya. Pastikan kalung emas yang kamu beli adalah asli karena hal ini akan menentukan daya tahan dari kalung yang akan kamu pakai nantinya.

5. Spesifikasi kalung emas

Jika kamu ingin membeli kalung emas secara online, maka kamu perlu teliti dengan spesifikasi kalung emas yang kamu pilih. Spesifikasi ini terdiri dari ukuran kalung, model kalung, bentuk liontin, jenis emas, kadar karat, dan masih banyak lagi. Jangan sampai kamu salah klik atau ada info tertentu yang luput dari perhatian kamu sehingga kamu akhirnya mendapatkan kalung emas yang tidak sesuai dengan harapanmu.

6. Kebijakan penjual

Setiap toko perhiasan memiliki kebijakan yang berbeda-beda dalam menjual kalung emas secara online. Kebijakan ini bermacam-macam, misalnya tentang perjanjian retur (pengembalian barang), refund (pengembalian dana), garansi, dan lain sebagainya. Pastikan toko perhiasan tersebut memiliki jaminan retur dan refund jika kamu mendapatkan kalung emas yang tidak sesuai pesanan atau memiliki cacat.

Dimanapun kamu membeli kalung emas, jika sistemnya online maka kamu wajib ekstra hati-hati dalam mengecek kondisi barang yang kamu terima.  Hal ini dikarenakan sistem online memiliki batas waktu retur dan refund. Ada beberapa pihak penjual yang bahkan hanya memberi waktu retur dan refund maksimal 3 hari setelah penerimaan kalung emas. Kamu yang mungkin baru menyadari adanya cacat setelah 3 hari pemakaian tidak akan bisa mengajukan keluhan atau meminta pengembalian kalung emas.

7. Sistem pembayaran

Salah satu faktor penyebab mengapa banyak orang lebih gemar membeli kalung emas secara online adalah karena kemudahan sistem pembayaran yang ditawarkan. Sistem pembayaran offline dirasa sulit karena harus membayar tunai, belum lagi jika pihak penjual tidak memiliki uang kembalian dan harus menunggunya untuk menukar dengan uang pecahan. Sedangkan, membeli kalung emas secara online sangat menguntungkan karena menggunakan sistem pembayaran cashless atau non tunai. Non tunai disini berupa transfer bank melalui atm, kartu kredit, atau aplikasi keuangan.

Selain non tunai, ada beberapa toko online yang menggunakan sistem pembayaran berupa COD (Cash On Demand) yang artinya kamu bisa membayar secara tunai/cash pada saat barang sampai di rumah. Cara ini dinilai lebih aman karena kamu dapat memastikan kondisi kalung emas yang diantar oleh kurir, sehingga meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan. Namun, sistem pembayaran seperti ini tidak cocok untuk kamu yang sering keluar rumah karena barang akan dikembalikan ke pihak pengirim jika tidak ada orang di rumah yang akan membayar.

Sistem pembayaran lainnya adalah rekber (rekening bersama) yang biasanya dimiliki oleh aplikasi marketplace. Sistem ini berupa menahan uang pembeli yang sudah ditransfer di rekening pihak marketplace sampai penjual mengirim kalung emas yang diminta. Pihak marketplace akan mengirimkan uang pembeli ke rekening pihak penjual jika pembeli sudah menyatakan telah menerima kalung emas yang diinginkan. Cara seperti ini dinilai lebih aman sehingga kamu dapat membeli kalung emas dengan nyaman tanpa rasa khawatir karena adanya jaminan yang disediakan oleh pihak marketplace.

Dengan berbagai sistem pembayaran yang ditawarkan, pilihlah sistem pembayaran yang sesuai dengan keadaan sehingga memudahkan kamu. Telitilah dalam menekan tombol pilihan sistem pembayaran, karena hal ini akan menentukan kelancaran kamu saat melakukan transaksi nanti. 

8. Jasa pengiriman

Setelah menentukan sistem pembayaran kalung emas secara online, selanjutnya pilihlah jasa pengiriman yang terpercaya. Sebaiknya gunakan asuransi karena kalung emas merupakan barang yang bernilai sehingga memerlukan pengamanan ekstra. Biasanya menggunakan asuransi akan dikenakan biaya tambahan oleh pihak penjual, namun hal ini tidaklah seberapa dibandingkan dengan keamanan untuk menjaga kondisi kalung emas yang kamu beli.

9. Bukti transaksi

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan dalam membeli kalung emas secara online adalah bukti transaksi. Bukti ini dapat berupa screenshot pembayaran, email, dan SMS. Jika perlu, kamu bisa screenshot bukti percakapan kamu dengan penjual. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika pihak penjual ternyata menipu atau melakukan kecurangan. Kamu yang memiliki bukti lengkap akan mudah dalam melaporkan kerugian yang kamu miliki ke pihak pengaduan. 

Nah, itu tadi 9 hal yang harus kamu perhatikan saat membeli kalung emas secara online. Setelah mengetahui info ini, mungkin ada dari kamu yang bertanya, kira-kira dimana toko perhiasan yang menjamin ke-9 hal tersebut? Jawabannya adalah V&Co Jewellery tentunya! Disini, kamu tidak perlu lagi ragu atau khawatir karena V&Co Jewellery merupakan toko perhiasan yang telah memiliki reputasi yang sangat baik. V&Co Jewellery sudah berdiri sejak tahun 2011 sehingga kredibilitasnya sudah tidak dapat diragukan lagi.

V&Co Jewellery melayani pembelian kalung emas secara online lewat situs www.vncojewellery.com dengan harga bersaing. V&Co Jewellery menyediakan banyak sekali kalung emas berkualitas dengan kadar karat mulai dari 18K hingga 24K. Model dan desain yang tersedia juga eksklusif, bahkan kamu bisa personalisasi sendiri kalung yang kamu inginkan. Kami juga memiliki sertifikat garansi keaslian emas sehingga kamu tidak perlu ragu dan cemas terhadap produk yang kami jual.

Bagi kamu yang lebih senang membeli kalung emas lewat marketplace, kami juga menjual produk kami lewat Tokopedia demi menciptakan proses transaksi yang aman dan nyaman untuk customer. Kamu bisa mengunjungi toko online kami di Tokopedia lewat link berikut www.tokopedia.com/vnco-jewellery. Selain website dan marketplace, kamu juga bisa melihat foto-foto produk kami lewat media sosial Instagram @vncojewellery. Disini kami aktif memposting foto-foto kalung emas keluaran terbaru sehingga kamu bisa upgrade penampilan modismu. Tunggu apalagi, segera beli kalung emas idamanmu di V&Co Jewellery sekarang juga!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *