Tips Memilih Toko Cincin Berlian yang Terpercaya

Tips Memilih Toko Cincin Berlian yang Terpercaya

Apakah kamu sedang mencari toko cincin berlian? Banyak toko cincin berlian yang tersebar di seluruh penjuru kota, namun kamu perlu memilih secara hati-hati karena ada beberapa oknum yang menjual cincin berlian replika, tapi mereka mengatakannya itu adalah berlian dan menjualnya dengan harga tinggi. Ada pula yang memang menjual cincin berlian asli, namun harganya terlalu tinggi tanpa alasan yang jelas.

Membeli di toko cincin berlian juga memiliki dua cara yaitu secara offline atau datang langsung ke toko, ataupun online melalui website, marketplace, atau melalui platform chat. Agar tidak tertipu saat membeli offline, ada baiknya kamu mengetahui cara membedakan cincin berlian asli. Bila kamu ingin membeli cincin secara online, berikut ini tips yang bisa kamu pertimbangkan.

Tips Sebelum Membeli di Toko Cincin Berlian Online

  1. Pastikan memiliki toko offline

    Hal ini tidak wajib karena cukup banyak toko cincin berlian yang tidak memiliki toko offline namun tetap terpercaya. Akan tetapi dengan adanya toko offline cukup membantu dalam meringkas investigasi kamu untuk menentukan kepercayaan toko. Apabila kamu mengalami kendala seperti pengiriman yang belum kunjung dilakukan setelah waktu yang dijanjikan, kamu bisa mendatangi toko secara langsung dan menanyakan bagaimana kelanjutan dari pesanan kamu.

    Terkadang, beberapa customer service dari perhiasan online memang cukup lama dalam membalas pesan kamu. Hal ini wajar karena bisa jadi memang banyak chat yang harus dibalas oleh mereka.

  2. Pastikan memiliki alamat jelas

    Bila toko cincin berlian pilihanmu tidak memiliki workshop, hal ini tidak terlalu menjadi masalah dengan catatan toko tersebut terbuka mengenai dimana lokasi kantornya. Ingat, ini adalah lokasi kantor ya, bukan toko yang bisa kamu datangi untuk melakukan transaksi di sana.

    Bila ada waktu luang, tidak ada salahnya kamu mengunjungi alamat kantor tersebut guna memastikan bahwa kantor tersebut benar-benar ada, bukan hanya alamat yang diberikan secara asal. Bila toko tersebut tidak memiliki offline store dan tidak berani mengatakan dimana alamat kantornya, tentunya kamu harus berhati-hati dan berfikir lagi untuk melanjutkan transaksi di toko itu.

  3. Lihat review di Sosial Media

    Sosial media hampir dimiliki oleh semua orang, bukan hanya digunakan untuk pribadi, kini sosial media juga menjadi sarana untuk mempromosikan produk. Apakah kamu menemukan toko pilihanmu melalui sosial media? Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat review-nya.

    Di Facebook, ada bagian khusus untuk ‘review toko’ disana kamu bisa melihat jumlah rata-rata bintang yang diberikan untuk toko tersebut. Bila kamu menemukan toko cincin pilihanmu di Instagram, kamu bisa melihat pada bagian Tag akun tersebut, berapa banyak customer yang telah membeli produknya dan bagaimana produk tersebut secara foto asli dari kamera amatir.

    Bila kamu tidak menemukan orang yang men-tag akun tersebut, kamu bisa mencari cara lain yaitu dengan mencari komentar-komentar di kolom komentar instagram. Pastikan tidak ada keluhan yang berjumlah banyak di kolom komentar akun tersebut. Apabila kolom komentarnya dibatasi atau di-non aktifkan, kamu perlu mempertimbangkan untuk mencari toko lain.

  4. Lihat review di Google

    Apakah ada toko yang tidak mempunyai sosial media? Tentu saja masih ada. Biasanya, toko yang pemiliknya adalah orang yang sudah cukup berumur tidak menjual produknya melalui sosial media. Hal ini dikarenakan sang pemilik toko yang tidak begitu paham sosial media, atau bisa juga karena merasa penjualannya sudah stabil sehingga tidak terlalu butuh melebarkan sayap promosi.

    Bila kamu mendapati toko seperti ini, kamu bisa melihat review toko tersebut melalui Google, lebih tepatnya Google Bisnis atau Google Maps. Di Google sendiri, ada banyak kontributor yang secara sukarela memberikan review kepada tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi.

  5. Lihat review di Marketplace

    Saat ini sudah banyak toko yang menjual produknya di marketplace. Mungkin kamu masih asing dengan bahasa ini, marketplace adalah sebuah platform yang memberikan wadah bagi toko apapun untuk menjual produknya dan juga menjadi media bagi para pembeli untuk menemukan produk dan membeli dengan aman karena mereka menjadi pihak ketiga dalam pembayaran.

    Marketplace yang paling terkenal saat ini adalah Tokopedia dan Shopee. Tapi bukan cuma dua itu saja, ada banyak marketplace lain di Indonesia seperti Bukalapak, Lazada, BliBli, dan lainnya. Untuk marketplace internasional juga ada yaitu Amazon, Etsy dan lainnya.

    Dalam marketplace, kamu bisa melihat review dari toko secara keseluruhan, berapa banyak produk yang dijual, dan terkadang toko tersebut ditandai sebagai Toko Resmi dari marketplace untuk memudahkan kamu dalam mempercayai toko tersebut. Tak cuma review toko, kamu juga bisa melihat review dari masing-masing produk yang dijual. Karena itu, tak ada salahnya kamu bertanya apakah toko cincin berlian pilihanmu itu menjual di marketplace atau tidak.

  6. Cek Nomor Rekening Toko

    Setelah kamu melakukan pemesanan, baik itu melalui website atau chat di toko tersebut, pihak toko akan meminta kamu untuk melakukan pembayaran dan memberikan no rekening mereka kepadamu. Di momen ini, kamu bisa berhenti sejenak dan mencoba untuk memastikan no rekening tersebut.

    Toko yang sudah profesional memiliki no rekening atas nama perusahaan, kamu bisa mempercayai toko ini yang memberikan kamu no rekening atas nama perusahaan. Lalu, bagaimana bila no rekening yang diberikan atas nama pribadi? Kamu perlu check and re-check lebih lanjut.

    Pasalnya, untuk sebuah toko cincin berlian sangat mustahil bila mereka tidak membangun sebuah badan usaha. Tapi, tidak menutup kemungkinan pihak toko memiliki alasan kuat seperti sedang dalam proses pengajuan badan usaha misalnya. Bila toko tersebut memberikan kamu no rekening pribadi, salin no rekening tersebut di pencarian Google kemudian lihat hasilnya. Bila no rekening tersebut adalah penipu dan sudah ada korbannya, pasti akan ada sebuah website yang mengulasnya.

Itulah 6 tips memilih toko cincin berlian bagi kamu yang ingin mendapatkan perhiasan impian secara online. Di era digital yang sudah sangat luas sekarang, bukan hal tabu lagi untuk bertransaksi secara online meskipun dalam nominal yang besar seperti cincin berlian, asalkan kamu paham bagaimana membedakan toko yang terpercaya dan penipu.

Rekomendasi toko cincin berlian yang bisa kamu jadikan pilihan adalah V&Co Jewellery! Toko cincin kawin dan perhiasan berlian ini memiliki toko offline yang bisa kamu temukkan di Melawai Plaza dan Cikini Gold Center Jakarta, kamu juga bisa membeli online melalui website www.vncojewellery.com ataupun marketplace Tokopedia dan Shopee.

Selain itu, V&Co Jewellery juga telah membangun reputasi yang sangat unggul di sosial media, google, maupun marketplace. Toko yang dinaungi oleh PT Eshan Karya Abadi ini bisa kamu temukan di semua channel digital dan memiliki reputasi nyaris sempurna. Selamat berbelanja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.